PENERAPAN MEDIA MENARA SUSUN DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AN NIDA WATESKROYO BESUKI TULUNGAGUNG

NI’MA FITRIYATUL MUNIROH, 12206173091 (2021) PENERAPAN MEDIA MENARA SUSUN DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AN NIDA WATESKROYO BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Media Menara Susun Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung” ini ditulis oleh Ni‟ma Fitriyatul muniroh, NIM.12206173091, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak M. Ridho Al Qodri Sri Utomo, MA Kata Kunci : Penerapan, Media Menara susun, Pengenalan, Huruf Hijaiyah Penelitian ini dilatar belakangi dari tanggung jawab seorang guru untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak dengan menggunakan media menara susun sebagai langkah awal untuk bisa membaca al qur‟an. Tetapi kenyataannya dilapangan masih terdapat anak yang kesulitan dalam mengenal huruf hijaiyah. Karena kurangnya anak dalam belajar mengenal huruf hijaiyah ketika dirumah. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung. (2) Bagaimana kognisi ingatan siswa selama penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan media menara susun dan kognisi ingatan siswa selama penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mengkaji penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di PAUD An Nida Wateskroyo Besuki Tulungagung. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun adalah pengenalan huruf hijaiyah dengan bermain menyusun potongan balok yang bertuliskan huruf hijaiyah disetiap sisi balok. Bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi pengenalan huruf hijaiyah yang disampaikan oleh guru. kognisi ingatan siswa selama penerapan media menara susun dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun adalah proses pengenalan huruf hijaiyah melalui media menara susun secara berulang-ulang, supaya apa yang telah diterima anak tetap melekat dalam ingatannya. Bertujuan untuk mengingat huruf hijayah yang telah disampaikan guru melalui media menara susun hijaiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173091 NI’MA FITRIYATUL MUNIROH
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:06
Last Modified: 28 Jan 2022 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item