IMALIA NADIA WARDANI, 12205173113 (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI NURUL ULUM GADUNGAN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK .pdf Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (139kB) |
||
|
Text
BAB I .pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
BAB V .pdf Download (75kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Konkret untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Imalia Nadia Wardani, NIM. 12205173113, pembimbing Dr.Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran Konkret, Prestasi Belajar Konteks penelitian ini secara fenomenal menunjukkan bahwa pentingnya kreativitas guru dalam proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru yang kreatif mempunyai banyak ide-ide yang baru untuk menciptakan inovasi-inovasi saat pembelajaran di dalam kelas, seperti halnya pembuatan media pembelajaran konkret untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat ditingkatkan salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran konkret dalam proses pmbelajaran dapat m emudahkan siswa memahami materi m ateri yang disampaikan oleh guru. MI Nurul Ulum berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencetak prestasi yang unggul baik dalam prestasi akademik maupun non akademik. Guru-guru MI Nurul Ulum melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret yang sesuai dengan gaya belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret yang menarik dalam kegiatan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahhui kreativitas guru dalam membuat media pembelajarann konkret yang sesuai dengan gaya belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar (2) Untuk mengetahhui kreativitas guru dalam membuat media pembelajarann konkret yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar (3) Untuk mengetahhui kreativitas guru dalam membuat media pembelajarann konkret yang menarik dalam kegiatan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekata deskriptif. Lokasi penelitian berada di MI Nurul Ulum Gadungan Gandusari Blitar. Pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketentuan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret yang sesuai dengan gaya belajar siswa adalah dengan guru memperhatikan kemampuan dan karakter siswa terlebih dahulu kemudian membuat media pembelajaran konkret pada materi yang memerlukan media pembelajaran konkret dan saat pembuatan media pembelajaran guru berusaha sekreatif mungkin. (2) Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret sesuai dengan lingkungan belajar siswa adalah guru membuat media pembelajaran sesuai materi yang akan disampaikan dengan mennggunakan barang yang berada di lingkungan sekitar. Tujuan penggunaan barang-barang yang ada di sekitar untuk memudahkan siswa memahami materi yang telah disampaikan. (3) Kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran konkret yang menarik dalam kegiatan belajar adalah guru memperhatikan banyak hal dalam pemilihan media yang menarik dalam pembelajaran, kemudian guru mengemasnya dengan semenarik mungkin. Tujuan pemilihan media yang menarik untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, serta tujuan pembelajaran dapat tersampaikan denggan baik. Dengan penggunaan media pembelajaran konkret yang menarik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173113 Imalia Nadia Wardani |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 05:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 05:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24566 |
Actions (login required)
View Item |