NANDA MALIKA YURIID, 12402183063 (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA BERSAMA (BUMDESMA) MADUPAPAKEN BERSINAR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Madupapaken Bersinar Desa Durenan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Nanda Malika Yuriid, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 12402183063, Pembimbing Bapak Syamsul Umam, S.H.I., M.H., . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) yang memfokuskan usahanya pada BUMN Shop yang masih terbilang sangat jarang ditemukan di Kabupaten Trenggalek sehingga diperlukan strategi pemasaran guna untuk memperkenalkan BUMN Shop ini dikalangan masyarakat umum dengan berbagai produk yang ditawarkan sekaligus sebagai upaya menghadapi persaingan usaha serta meningkatkan volume penjualannya. Adapun strategi bauran pemasaran yang digunakan dalam BUMDesMa ini yakni bauran pemasaran 7P yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), serta phsical evidence (bukti fisik). Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh BUMDesMa Madupapaken Bersinar Desa Durenan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek guna untuk meningkatkan volume penjualannya, (2) Apa kendala-kendala yang dihadapi oleh BUMDesMa Madupapaken Bersinar Durenan dalam melakukan strategi bauran pemasaran guna meningkatkan volume penjualannya serta bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis dari penelitian ini yakni, penelitian studi kasus yang dilakukan dengan meneliti objek secara langsung. Data yang digunakan di dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh dari lembaga kemudian diambil dan diolah sendiri oleh peneliti secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reedukasi data yang diperoleh, display atau penyajian data, melakukaan verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni BUMDesMa Madupapaken Bersinar Durenan dalam melakukan kegiatan usahanya selalu menyediakan produk yang berkualitas serta harga yang sesuai dengan kualitas. Dalam memilih lokasi mengutamakan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Promosi dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan sosial media serta media cetak. Selain itu BUMDesMa ini juga mengutamakan kepuasan pelanggan yang diwujudkan dengan keramahaan dan loyalitas pegawai, aliran produk hingga ketangan konsumen yaang efektif serta daayaa dukung produk seperti kemasan, kenyamanan, kebersihan lokasi serta penambahan fasilitas lain seperti WIFI, AC dan lain sebagainya. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Strategi, Volume Penjualan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bumdes Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183063 NANDA MALIKA YURIID |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 05:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 05:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24567 |
Actions (login required)
View Item |