ENDAH RUSMINI, 12211173009 (2022) KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Endah Rusmini, NIM. 12211173009, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Pemecahan Masalah Fisika, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Sering dijumpai dalam proses kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fisika siswa diberikan permasalahan dan penyelesaian sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru. Dalam penyelesaian masalah sering kali guru yang menyelesaikan masalah tersebut sehingga siswa minim pemahaman pada konsep Fisika. Siswa tidak diberi kesempatan untuk memecahkan atau menyelesaikan soal tersebut, sehingga siswa tidak diberi kebebasan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kreativitasnya. Beberapa permasalahan yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa yaitu dengan memberikan berupa soal untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah Fisika pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dari 32 siswa kelas VIII C menurut hasil tes tulis siswa dan diambil 6 siswa dengan 3 kriteria kemampuan siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah setiap masing-masing kriteria terdapat 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah fisika ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen indikator yang dipenuhi yaitu kefasihan dan fleksibilitas atau kefasihan dan kebaruan. Selain itu terdapat siswa pada tingkat 1 (kurang kreatif), dimana siswa tersebut hanya mampu mencapai komponen indikator kefasihan. 2) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan sedang dalam memecahkan masalah fisika ada pada tingkat 1 (kurang kreatif), dimana siswa tersebut hanya mampu mencapai komponen indikator kefasihan. 3) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan rendah dalam memecahkan masalah fisika ada pada tingkat 1(kurang kreatif). Komponen indikator yang dipenuhi siswa yaitu kefasihan. Terdapat siswa dengan kemampuan rendah berada pada tingkat 0 (tidak kreatif), dimana siswa tersebut tidak mampu mencapai komponen indikator kreativitas. Berdasarkan penelitian ini diharapkan penelitian kedepannya dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan acuan sehingga dapat dikembangkan dan disempurnakan menjadi karya yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211173009 Endah Rusmini |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 02:41 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24597 |
Actions (login required)
View Item |