ILMIA TURROFIAH, 12210173103 (2022) Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (87kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (125kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar” ini ditulis oleh Ilmia Turrofiah, NIM. 12210173103, pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Menulis, Teks Anekdot. Penelitian ini dilakukan di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang berbasis islami serta menerapkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar mengedepankan nilai-nilai karakter mulia atau akhlakul karimah sesuai dengan visi misi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar, (2) mendeskripsikan faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar, (3) mendeskripsikan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar. Fokus penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar. Pertanyaan penelitian yang dijabarkan terkait implementasi pendidikan karakter, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif-kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini diantaranya sebagai berikut, (1) implementasi pendidikan karakter dibagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP. Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan 8 nilai pendidikan karakter, diantaranya religus, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai/menghargai prestasi, komunikatif dan demokratis, pada tahap evaluasi guru memiliki instrumen observasi sebagai bentuk penilaian sikap siswa, (2) faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar adalah fasilitas dari madrasah serta seminar pendidikan karakter bagi guru, (3) faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di MA Plus Keterampilan Nurul Islam Wates Blitar adalah sikap siswa yang tidak sesuai dengan penerapan nilai pendidikan karakter di sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173103 Ilmia Turrofiah |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 04:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24613 |
Actions (login required)
View Item |