PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL- QURAN HADITS SISWA DI MAN 2 TULUNGAGUNG

ADJI TRIONO, 12201173390 (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL- QURAN HADITS SISWA DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Alquran Hadits Siswa Di MAN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Adji Triono, NIM. 12201173390. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan bahwa guru merupakan faktor terpenting dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk mempunyai kreativitas dan mendemontrasikannya dalam setiap pembelajaran. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran erat kaitannya dengan kreativitas dari seorang guru dalam pembelajarannya. Dalam hal ini kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan. Agar pembelajaran dapat efektif diperlukan media pembelajaran yang mampu mengintegrasikan materi dengan tujuan belajar. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Penggunaan media yang optimal merupakan salah satu indikator untuk mewujudkan prestasi belajar peserta didik yang optimal pula. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual dan audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara kreativitas guru dalam penggunaan media visual audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI MAN 2 Tulungagung yang terdiri dari 162 siswa. Teknik sampling yaitu proporsional random sampling. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI MAN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji F. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,402 > 2,026). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru dalam penggunaan media visual adalah 0,002 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,002 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (2) Ada pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,768 > 2,026). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru dalam penggunaan media audio adalah 0,009 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,009 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (3) Ada pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media visual dan kreativitas guru dalam penggunaan media audio terhadap prestasi belajar Alquran Hadits siswa kelas XI di MAN 2 Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (20,170) > Ftabel (3,245) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173390 ADJI TRIONO
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:54
Last Modified: 03 Feb 2022 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item