BERPIKIR PSEUDO DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

ERFINA MAWADDAH, 12204173117 (2022) BERPIKIR PSEUDO DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Berpikir Pseudo dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Kemampuan pada Siswa Kelas X SMAN 1 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Erfina Mawaddah, NIM. 12204173117, Pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Pseudo, Pemecahan masalah, Kemampuan siswa. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa guru matematika dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada prosedur, aturan, dan cara menyelesaikan soal. Hal tersebut mengakibatkan siswa hanya menjalankan langkah-langkah yang telah dicontohkan oleh gurunya ketika menyelesaikan masalah. Jawaban yang benar ataupun salah tidak menggambarkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Karena jawaban yang benar namun tidak dapat menjustifikasinya atau jawaban yang salah namun dapat membenarkannya setelah refleksi adalah indikator berpikir pseudo yang dialami oleh siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas X SMAN 1 Karangan Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (2) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas X SMAN 1 Karangan Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. (3) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas X SMAN 1 Karangan Trenggalek yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan melihat hasil ulangan harian siswa materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu varibel. Setelah itu mendapatkan subjek dengan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Metode yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi masih ada siswa yang mengalami berpikir pseudo salah, 2) Siswa berkemampuan matematika sedang tidak mengalami berpikir pseudo benar maupun berpikir pseudo salah tetapi salah sungguhan. 3) Siswa berkemampuan matematika rendah tidak mengalami berpikir pseudo benar maupun berpikir pseudo salah tetapi salah sungguhan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173117 ERFINA MAWADDAH
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:34
Last Modified: 04 Feb 2022 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item View Item