Strategi Guru Bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam mengajar daring

NOVI ARYANI, 12210173108 (2022) Strategi Guru Bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam mengajar daring. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Aryani, Novi. 2021. Strategi Guru Bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam mengajar daring. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci: strategi, guru bahasa indonesia, mengajar daring Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, baik dari segi trasnformasi kurikulum maupun dari segi persiapan selama proses pembelajaran berlangsung. Namun dunia pendidikan harus mengalami adaptasi besar di sepanjang tahun 2020. Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia, dan berdampak besar bagi beberapa bidang. Dunia pendidikan adalah bidang yang sangat terdampak oleh adanya pandemi COVID-19 setelah bidang ekonomi di negara Indonesia. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pemerintah telah melarang perguruan tinggi dan lembaga sekolah lainnya untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Hal tersebut menjadi keharusan bagi lembaga sekolah untuk menyediakan alternatif dalam pembelajaran daring, khususnya bapak/ibu guru yang harus mempersiapkan perencanaan strategi pembelajaran sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam mengajar daring. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam mengajar daring? 2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek dalam melaksanakan strategi pembelajaran pada saat mengajar daring? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Subyek penelitian adalah guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek sebanyak 9 orang. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dab Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan bahwa 1) Strategi yang digunakan guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek adalah dengan menerapkan strategi mengajar berbasis whatsApp group dan strategi blended learning via whatsApp group dan google form. 2) Kendala yang dialami guru bahasa Indonesia MTsN di Kabupaten Trenggalek diantaranya keterbatasan kuota, jangkauan internet, perbedaan daya serap peserta didik, dan terdapat beberapa siswa yang pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian tersebut dapat menjadi referensi atau bahan rujukan dalam merencanakan strategi mengajar bahasa Indonesia secara daring khususnya bagi bapak/ibu guru MTsN. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pedoman dalam pemilihan strategi mengajar daring oleh guru dalam rangka menyukseskan kegiatan pembelajaran yang maksimal dan tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173108 NOVI ARYANI
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:22
Last Modified: 04 Feb 2022 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24679

Actions (login required)

View Item View Item