UMI LAILATUL BADRIYAH, 12201173386 (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (923kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa pada Pembelajaran Online di SMP Islam panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi ini ditulis oleh Umi Lailatul Badriyah, NIM.12201173386, Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PAI, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Pembelajaran Online, Nilai-Nilai Keagamaan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online di SMP Islam Panggul? (2) Bagaimana hambatan strategi guru PAIdalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaranonline di SMP Islam Panggul? (3) Bagaiamana dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaranonline di SMP Islam Panggu?. Adapun tujuan dalam peneltian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online (2) untuk mengetahui dan mendeksripsikan hambatan strategi guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online, (3) mengetahui dan mendeskripsikan dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, lokasi penelitiannya di SMP Islam Panggul, terletak di desa Kebonagung Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kesiswaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) Strategi Guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online antara lain: pembiasaan membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, sertoran hafalan Al-Qur’an, mengikuti kegiatan madrasah diniyah atau pondok pesantren, dan kegiatan ziarah makam para Auliya’ dan tokoh pendiri SMP Islam Panggul. (2) Hambatan strategi Guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online yaitu, diri siswa sendiri, ketersediaan sarana dan prasarana, kurangnya SDM guru PAI dan tokoh kyai atau pendidik madin, dan alokasi waktu pembelajaran PAI yang kurang.(3) Dampak strategi Guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa pada pembelajaran online yaitu, menjadikan siswa memiliki sikap disiplin, menambah keilmuwan siswa dibidang agama, hafalan Al-Qur’an siswa semakin bertambah, dan mempererat persahabatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi 12201173386 Umi Lailatul Badriyah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 06:26 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 06:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24701 |
Actions (login required)
View Item |