SITI RAUDHATUL JANNAH, 12204173163 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTs DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Siti Raudhatul Jannah dengan NIM 12204173163, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci: Metode Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Matematika. Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa di Indonesia masih rendah yang dibuktikan dengan hasil survey PISA berkenaan tes kemampuan matematika yang masih menduduki peringkat 10 terbawah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika karena menganggap matematika adalah berisi perhitungan yang rumit. Guru memiliki peran fatal dalam hal ini dapat mengambil langkah dengan menerapkan pembelajaran yang menarik siswa untuk antusias mengikuti pembelajaran matematika. Metode pembelajaran example non example yang dalam penerapannya mengguanakan media gambar dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan diatas. Tujuan penelitian untuk skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran example non example terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek berjumlah 52 siswa. Sampelnya diambil dengan metode purpose sampling dari populasi yang berjumlah 27 siswa, yaitu kelas VIII-B berjumlah 16 siswa sebagai kelas ekaperimen yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran example non example dan kelas VIII-C yang berjumlah 11 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal uraian materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data yang digunakan T-test dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh metode pembelajaran example non example terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 dibuktikan dengan hasil uji t-test yang menunjukkan nilai probbilitas 0.035 < alfa 0.05 atau H0 ditolak. Lalu terbukti juga dari uji regresi linear menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat dan positif metode example non example terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 dengan besar pengaruh adalah 84,5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173163 Siti Raudhatul Jannah |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 02:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24768 |
Actions (login required)
View Item |