MODEL PENGEMBANGAN MADRASAH EFEKTIF (Studi Explanatory Mixed Method pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Medan)

MUHAMMAD FADHLI, 12501185050 (2022) MODEL PENGEMBANGAN MADRASAH EFEKTIF (Studi Explanatory Mixed Method pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Medan). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pendidikan pada negara-negara berkembang khususnya di Indonesia. Lembaga pendidikan Islam berdasarkan data Kementerian Agama 90,89 persen adalah madrasah swasta dan 9,11 persen yang merupakan madrasah negeri. Untuk mewujudkan pendidikan bermutu, harus didahului oleh upaya pencapaian efektivitas organisasi pendidikan. Efektivitas Madrasah merupakan penentu kualitas sebuah lembaga sekolah/pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (2) pengaruh profesionalisme guru terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (3) pengaruh keterlibatan orang tua terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (4) pengaruh prestasi dan harapan terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (5) pengaruh kerja sama terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (6) pengaruh kualitas kurikulum terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (7) pengaruh iklim madrasah terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, (8) pengaruh evaluasi terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan. Selanjutnya fokus penelitian kualitatif untuk menemukan model madrasah efektif yang dikembangkan di MTs Negeri Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mixed method). Sementara itu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain berurutan (explanatory sequential design). Penelitian ini dilaksanakan di 3 (tiga) MTs Negeri yang berada di wilayah Kementerian Agama Kota Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Krejcie dan Morgan dan ditetapkan sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisisnya dengan analisis jalur. Selanjutnya, teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuesioner, studi dokumen. Analisis data menggunakan interaktif model yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Analisis multisitus dilakukan dengan tiga langkah utama, yaitu 1) analisis data dalam-situs secara terpisah, 2) diikuti oleh analisis antara-situs sesuai tema, dan 3) analisis dalam-situs untuk menempatkan tema bersama dalam konteks yang lebih spesifik.Hasil penelitian ini menemukan (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 14,5%, (2) terdapat pengaruh profesionalisme Guru terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 10,9%, (3) terdapat pengaruh keterlibatan orang tua terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 9,0%, (4) terdapat pengaruh prestasi dan harapan terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 12,2%, (5) terdapat pengaruh kerja sama terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 14,1%, (6) terdapat pengaruh kualitas kurikulum terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 13,3%, (7) terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 11,9%, (8) terdapat pengaruh evaluasi terhadap Madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan sebesar 20,1% Selanjutnya temuan penelitian kualitatif selain mengonfirmasi dan menegaskan variabel-variabel madrasah efektif di MTs Negeri Kota Medan, temuan kualitatif juga menemukan bahwa konsep model madrasah efektif di Kota Medan ditentukan juga oleh variabel pembiayaan dan sarana dan prasarana pendidikan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad 12501185050 Fadhli
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:42
Last Modified: 01 Feb 2023 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24769

Actions (login required)

View Item View Item