SITI NUR ALFIYAH, 12205173101 (2022) Peran Orang tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri 1 Karangtalun Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (7kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri 1 Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Siti Nur Alfiyah, NIM. 12205173101, dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Peran Orang tua, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran daring. Tentu proses pembelajaran daring sangat berbeda dari pembelajaran tatap muka. Hal ini mengakibatkan peran orang tua sangatlah penting selama proses pembelajaran daring dilaksanakan. Adanya perbedaan jenis pendidikan dan latar belakang ekonomi yang dimiliki oleh orang tua tentu juga mempengaruhi cara orang tua dalam membimbing dan membantu anak belajar selama belajar di rumah. Hal ini mengakibatkan tingkat pemahaman yang dimilik setiap siswa berbeda-beda. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui peran orang tua selama pembelajaran daring dengan latar belakang yang beragam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran orang tua berdasarkan latar belakang pendidikan dalam membimbing anak pada pembelajaran daring di SDN 1 Karangtalun Tulungagung? (2) Bagaimana peran orang tua berdasarkan latar belakang ekonomi dalam membimbing anak pada pembelajaran daring di SDN 1 Karangtalun Tulungagung? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menanilisis fenomena, peristiwa, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang, aktifitas sosial secara individu maupun kelompok. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran orang tua dalam membimbing anak pada pembelajaran daring berdasar latar belakang pendidikan adalah berperan sebagai fasilitator. Namun hal ini tergantung pada tingkat pendidikannya. Bagi orang tua yang tingkat pendidikannya dibawah sarjana memberikan fasilitas berupa mengantarkan anaknya ke tempat bimbingan belajar memberikan pembimbingan yang terbatas mengingat pengetahuan dan kesadaran pendidikan juga terbatas, termasuk pula pada sarana akses pembelajaran daring dan tingkat emosi yang kurang stabil. Sedangkan bagi orang tua yang latar pendidikannya sarjana lebih memberikan fasilitas sekaligus pendampingan tatkala belajar daring dengan tingkat emosi yang lebih stabil. (2) Peran orang tua dalam membimbing anak pada pembelajaran daring berdasar latar belakang ekonomi adalah sebagai fasilitator dan motivator. Sebagai fasilitator karna orang tua yang memenuhi kebutuhan anak selama pembelajaran daring sedangkan sebagai motivator karena orang tua turut serta mengawasi secara langsung anaknya tatkala belajar daring melalui whatsapp group kelas dan penyampaian materi video. Bagi orang tua yang ekonominya mapan tidak ada kendala dalam hal peran sebagai fasilitator, namun ada kendala dalam hal membagi waktu untuk membimbing anak belajar saat sibuk bekerja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173101 Siti Nur Alfiyah |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 04:59 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 04:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24770 |
Actions (login required)
View Item |