STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL- QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPQ IFFAH KELURAHAN KENAYAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FAIZAL YAHYA, 12201173156 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL- QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI TPQ IFFAH KELURAHAN KENAYAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Faizal Yahya, NIM. 12201173156, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al- Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi di TPQ Iffah Kelurahan Kenayan Kabupaten Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Syamsun Ni’am, M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru, Kualitas Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode yang dikembangkan untuk belajar membaca Al Qur’an. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Ummi. Metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah memperkenalkan cara baca Al-Qur’an dengan tartil. Tujuan utama dari penggunaan metode ini adalah supaya peserta didik akan mudah untuk menguasai tahsin dan hafalan Al-Qur’an. Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Iffah Kelurahan Kenayan, Tulungagung. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menetapkan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al- Qur’an bidang tajwid dengan menggunakan metode ummi di TPQ Iffah Kel. Kenayan Kab. Tulungagung?, 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al- Qur’an bidang naghom (lagu) dengan menggunakan metode ummi di TPQ Iffah Kel. Kenayan Kab. Tulungagung?, 3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al- Qur’an bidang tahdfidh dengan menggunakan metode ummi di TPQ Iffah Kel. Kenayan Kab. Tulungagung? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di TPQ Iffah Kelurahan Kenayan, Tulungagung dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, analisis penelitian dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: 1) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Iffah Kenayan, Tulungagung di bidang tajwid adalah dengan menerapkan aturan tajwid dalam setiap bacaan dan hafalan, serta adanya pemantapan materi tajwid setelah jilid 3, 2) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Iffah Kenayan, Tulungagung di bidang naghom adalah diterapkannya metode naghom di seluruh pembelajaran dan di setiap jenjang, 3) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Iffah Kenayan, Tulungagung di bidang hafalan adalah diterapkannya metode murojaah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173156 Muhammad Faisal Yahya
Date Deposited: 09 Feb 2022 00:42
Last Modified: 09 Feb 2022 00:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24801

Actions (login required)

View Item View Item