MIFTACHUL FAIS, 12506194077 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING ( Studi Multisitus di Pesantren APIS Gandusari dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar ). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat Melalui Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren APIS dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar)” ini ditulis oleh Miftachul Fais dengan Pembimbing I. Dr. Ahmad Zainal Abidin, M.A. dan Pembimbing II. Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat, Pembelajaran Kitab Kuning Pesantren merupakan ciri khas lembaga pendidikan di Indonesia tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan Islam, tetapi pesantren juga sebagai media dakwah ummat dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang moderat harus senantiasa menangkal berbagai aliran atau manhaj radikal, liberal, maupun aliran takfiri yang secara masif muncul dan menyerang keutuhan bangsa. Internalisasi nilai-nilai Islam moderat yang di tanamkan pada santri dapat membantu mengatasi masalah yang sekarang ada, yaitu bagaimana institusi pesantren menginternalisasikan doktrin Islam moderat kepada mereka secara ideologis. Melalui pembelajaran kitab kuning diharapkan mampu meningkatkan pemahaman islam yang moderat. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisa tentang internalisasi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning di Pesantren APIS Gandusari dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar dengan fokus kajian yang mencakup: 1) tahapan transformasi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning; 2) tahapan transaksi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning; 3) tahapan transinternalisasi nilai-nulai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis field research dengan desain multisitus. Lokasi penelitian di di Pesantren APIS dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu People, Places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) tahap transformasi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning di Pesantren APIS Gandusari dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar dilakukan melalui: (a) format kurikulum kitab kuning dan aktifitas santri, (b) Kontekstual pada kitab kuning, (c) Pemahaman agama yang moderat, (d) Midnset Islam Rahmatan Li Al-‘Alamiin; (2) tahap transaksi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning di Pesantren APIS Gandusari dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar dilakukan melalui: (a) Mathla’ah kitab kuning, (b)program Bahtsul Masa’il, (c) I’tibar keteladanan pengarang kitab, (d) Program syawir harian; 3) tahap transinternalisasi nilai-nilai Islam moderat melalui pembelajaran kitab kuning di Pesantren APIS Gandusari dan Pesantren Mamba’ul Hisan Gandusari dilakukan melalui: (a) Budaya sebagai alat pemersatu, (c) Humanisme dalam pembelajaran, (d) aktualisasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | TESIS 12506194077 MIFTACHUL FAIS |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 05:42 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 05:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24854 |
Actions (login required)
View Item |