STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL DI MASA PANDEMI COVID-19

LENTERA JELITA HAWASYAH, 12205173047 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (927kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol di Masa Pandemi Covid-19" oleh Lentera Jelita Hawasyah. NIM 12205173047 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan PGMI dengan Dosen Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian tentangstrategi pembelajaran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Khususnya dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara online Tidak semua guru memiliki kemampuan teknologi yang cukup untuk menciptakan strategi menarik yang sesuai untuk anak SD/MI. Ditambah dengan kurangnya pengontrolan dari orang tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun fokus penelitian tentang strategi pembelajaran guru meliputi: 1) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol di masa Covid-19, 2) Dukungan dan hambatan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol di masa Covid-19, dan 3) Solusi hambatan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol di masa Covid-19. Analisis data penelitian dilakukan dengan reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Pelaksanaan pembelajaran di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol dilaksanakan secara online. Guru MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol menggunakan strategi kontekstual dan ekspositori dalam proses pembelajaran online untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru menggunakan media whatsapp dalam melaksanakan strategi yang telah disiapkan. 2) Faktor pendukung strategi pembelajaran gurudalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah proses pembelajaran sangat fleksibel, sehingga dapat dilaksanakan dimana dan kapan saja. Sedangkan hambatannya adalaah strategi yang digunakan guru kurang menarik perhatian siswa dan kurangnya pengontrolan orang tua di rumah dalam proses pembelajaran. 3) Solusi hambatan strategi guru dalam meningkatakan motivasi belajar siswa adalah adanya usaha guru untuk belajar tentang strategi yang sesuai untuk anak MI/SD. Ditambah dengan adanya pengontrolan orang tua kepada anak di rumah saat melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173047 LENTERA JELITA HAWASYAH
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:18
Last Modified: 11 Feb 2022 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24862

Actions (login required)

View Item View Item