STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI PADA SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

KUNTI AZIZATUL MALIKAH, 12205173048 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI PADA SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (433kB)

Abstract

ABSTRAK Kunti Azizatul Malikah, 12205173048, Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada Siswa di MIN 4 Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi Konteks penelitian ini didasari oleh adanya fenomena yang mana akhir- akhir ini banyak sekali generasi muda yang kurang mampu dalam membaca AlQur’an. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Al-Qur’an merupakan kitab mulia, kitab suci bagi umat Islam, serta kitab yang menjadi pedoman dasar bagi umat Islam. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk tetap belajar Al-Qur’an. Mengajarkan pada sesama tentang pentingnya belajar dan membaca Al-Qur’an, meski zaman terus berjalan. Oleh karena itu penulis tergerak untuk meneliti, bagaimana agar generasi muda semakin banyak yang berjiwa Qur’ani dimasa yang sekarang ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana persiapan Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada Siswa di MIN 4 Tulungagung? (2). Bagaimana implementasi Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada siswa di MIN 4 Tulungagung? (3). Bagaimana evaluasi Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi pada Siswa di MIN 4 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan persiapan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode ummi pada siswa di MIN 4 Tulungagung. (2). Untuk mendeskripsikan implementasi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode ummi pada siswa di MIN 4 Tulungagung. (3). Untuk mendeskripsikan evaluasi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode ummi pada siswa di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti hadir di lapangan penelitian pada tanggal 02 Agustus sampai 05 Oktober 2021. Dengan lokasi penelitian di MIN 4 Tulungagung, sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Persiapan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pasa siswa, persiapan guru dalam melaksanakan Metode Ummi di MIN 4 Tulungagung ini sangatlah benar-benar maksimal. Mulai dari persiapan materi, memilih trainer untuk calon guru Metode Ummi, dan juga dari tahap-tahap seleksi untuk menjadi guru Metode Ummi dengan mengadakan pelatihan khusus yang diadakan oleh madrasah sendiri. (2) Implementasi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa, Berdasarkan hasil dari wawancara dan juga observasi dari peneliti, implementasi dalam melaksanakan Metode Ummi sangatlah baik. Serta membuahkan hasil yang mana tidak sedikit dari anak-anak yang sekolah di MIN 4 Tulungagung ini menjadi mahir dalam membaca Al-Qur’an, tak hanya itu, bahkan ada juga yang sampai bisa menghafal beberapa juz dan juga sering memenangkan perlombaan tartil AlQur’an. (3) Evaluasi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa, evaluasi dalam pelaksanaan Metode Ummi ini adalah kurangnya guru Al-Qur’an Metode Ummi di MIN 4 Tulungagung, kurangnya jam untuk pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173048 KUNTI AZIZATUL MALIKAH
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:58
Last Modified: 14 Feb 2022 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item View Item