MOH. AFIF FUDIN, 12201173048 (2021) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MA AL MUSLIHUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (486kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (789kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (599kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (573kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fudin, Moh. Afif, NIM. 12201173057, 2021, Peran Guru PAI dalam Pembentukan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di MA Al- Muslihun Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru PAI, Sikap Disiplin, dan Tanggung Jawab Persoalan pada pendidikan saat ini terletak pada fokus utama, yaitu moral. Pendidikan moral di Indonesia sendiri telah terakomodir dalam pendidikan karakter yang sampai sekarang dijalankan oleh instansi dan kementerian terkait. Dalam penerapannya banyak sekali jenis pendidikan karakter mulai dari kedisiplinan hingga tanggungjawab. Namun, progres pendidikan kedisiplinan dan tanggungjwab masih belum mencapai hasil yang memuaskan. Padahal keduanya merupakan bekal penting bagi manusia dalam berinteraksi dengan lainnya. Mempunyai rasa tanggungjawab yang bisa bermanfaat untuk saling menjaga dan menghormati orang lain, disiplin dalam bersikap dan bertindak, kedua merupakan bagian penting dalam aspek sosial. Penting kiranya penanaman karakter disiplin dan tanggungjawab ini dilakukan sejak dini. Terlebih pada masa remaja dimana perilaku diluar moral wajar sering dilakukan demi mencari jati diri. Maka, perlu penekanan lebih dalam penanaman disiplin dan tanggungjawab. Salah satu yang bisa melakukannya adalah guru, utamanya guru pendidikan agama Islam melalui lembaga pendidikan (sekolah). Pertanyaan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan sikap disiplin siswa MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung? 2. Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan sikap tanggungjawab siswa di MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung? dan 3. Apa hal-hal yang mendukung peran guru PAI dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggungjawab siswa di MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi: teknik dan sumber, serta perpanjangan penelitian. Hasil penelitian: pertama, peran guru PAI dalam pembentukan sikap disiplin siswa MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung dilakukan melalui program yang diterapkan dalam pembentukan sikap kedisiplinan selain membaca Al-Qur’an setiap pagi siswa melakukan sholat dhuha berjama’ah. Kedua, peran guru PAI dalam pembentukan sikap tanggung jawab siswa di MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung dilakukan dengan memberi tugas mengaji ayat-ayat Al-Qur’an di pagi hari, mengajak anak-anak sholat dhuha berjamaah, bertanya siapa yang memimpin do’a di depan sebelum pembelajaran. Ketiga, hal-hal yang mendukung peran guru PAI dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa di MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung adalah faktor guru dan fasilitas sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173048 MOH. AFIF FUDIN |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 06:51 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24928 |
Actions (login required)
View Item |