PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KARAKTER GURU SKI TERHADAP MINAT BELAJAR SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JOMBANG

LAILATUR ROHMAH, 17201163053 (2022) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KARAKTER GURU SKI TERHADAP MINAT BELAJAR SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Karakter Guru SKI terhadap Minat Belajar SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jombang” ini ditulis oleh Lailatur Rohmah, NIM. 17201163053, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi., NIP. 198509302014031003. Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Karakter Guru, Minat Belajar SKI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak peserta didik yang kurang memiliki ketertarikan terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Peserta didik menganggap pembelajaran ini membosankan karena materinya berisi seputar sejarah-sejarah terdahulu. Penyampaian materi yang disampaikan melalui ceramah, juga dapat menjadi salah satu penyebab tidak tertarik dan kebosanan peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan karakter guru SKI dalam kaitannya dengan minat belajar SKI peserta didik kelas IX di MTs Negeri 10 Jombang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pesepsi peserta didik tentang karakter sabar guru SKI terhadap minat belajar SKI?, (2) Adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter adil guru SKI terhadap minat belajar SKI?, (3) Adakah pengaruh persepsi peserta didik kelas IX tentang karakter bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI?, (4) Adakah pengaruh persepsi peserta didik kelas IX tentang karakter sabar, adil dan bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter sabar guru SKI terhadap minat belajar SKI, (2) Untuk menjelaskan pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter adil guru SKI terhadap minat belajar SKI, (3) Untuk menjelaskan pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI, (4) Untuk menjelaskan pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter sabar, adil dan bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi peserta didik terhadap karakter guru SKI (X), kemudian dijabarkan menjadi tiga terdiri dari persepsi peserta didik terhadap karakter sabar guru SKI (X1), persepsi peserta didik terhadap karakter adil guru SKI (X2), danpersepsi peserta didik terhadap karakter bijaksana guru SKI (X3), sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu minat belajar SKI (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX yang berjumlah 224 orang dengan sampel yakni 56 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Data primer untuk penelitian ini yaitu angket, sedangkan untuk data sekundernya adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi dan uji F. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter sabar guru SKI terhadap minat belajar SKI dibuktikan dengan t_hitung= 2,973 >t_tabel= 2,005, dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,004 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter adil guru SKI terhadap minat belajar SKI dibuktikan dengan t_hitung=3,758 >t_tabel = 2,005, dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh persepsi peserta didik tentang karakter bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI dibuktikan dengan t_(hitung)= 4,978 > t_tabel= 2,005, dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama atau silmultan antara persepsi peserta didik terhadap karakter sabar, adil dan bijaksana guru SKI terhadap minat belajar SKI dibuktikan dengan F_hitung= 9,743 > F_tabel= 4,02, dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163053 LAILATUR ROHMAH
Date Deposited: 18 Feb 2022 04:42
Last Modified: 18 Feb 2022 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item