PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ULUL ALBAB MARON BOYOLANGU

ISMA KARTIKASARI, 12206173010 (2021) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ULUL ALBAB MARON BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isma Kartikasari. NIM. 12206173010. Penerapan Metode Tilawati dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd.I. Kata kunci: Metode Tilawati, Huruf Hijaiyah, Media dan Bahan Ajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memilih metode dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini sebagai bekal ketika dewasa untuk memahami pedoman Islam dalam menghadapi kemajuan zaman. Oleh karena itu, peneliti memilih metode Tilawati yang diterapkan di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu sebagai pilihan metode dalam mengenalkan huruf hijaiyah sesuai karakter anak usia dini. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Tilawati menggunakan media flashcard dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?, (2) Bagaimana penerapan metode Tilawati menggunakan media flipchart / kalender hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?, (3) Bagaimana penerapan metode Tilawati menggunakan bahan ajar buku jilid Tilawati PAUD dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber data. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Penerapan metode Tilawati menggunakan media flashcard adalah a) Guru mengajak anak-anak untuk menata meja membentuk huruf “U”. b) Guru membuka pembelajaran dengan salam dilanjut senam mulut. c) Pengenalan ciri-ciri huruf hijaiyah. d) Pengenalan huruf hijaiyah dengan konsep posisi arah. (2) Penerapan media flipchart / kalender hijaiyah adalah a) Guru mempersiapkan media flipchart / kalender hijaiyah dan peralatannya. b) Media ditempatkan di tengah. c) Kegiatan inti pembelajaran. d) Evaluasi bagi anak yang belum paham. (3) Penerapan metode Tilawati PAUD menggunakan buku jilid Tilawati PAUD adalah a) Pemberian instruksi kepada anak untuk mengambil buku jilid Tilawati PAUD dan buku Kitabaty. b) Sebagian anak mewarnai buku Kitabaty. c) Anak membaca buku jilid Tilawati PAUD. d) Guru membaca huruf hijaiyah yang sudah disampaikan kemudian anak menirukan. e) Membaca bacaan hamdalah bersama-sama. ABSTRACT Isma Kartikasari. NIM. 12206173010. Application of the Tilawati Method in Introducing Hijaiyah Letters to Children Age 3-4 Years at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu. Thesis. Early Childhood Islamic Education. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. State Islamic Institute (IAIN) of Tulungagung. Advisor: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd.I. Keywords: Tilawati Method, Hijaiyah Letters, Media and Teaching Materials This research is motivated by the importance of choosing a method in introducing hijaiyah letters to early childhood as a provision as adults to understand Islamic guidelines in facing the progress of the times. Therefore, the researcher chose the Tilawati method which was applied at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu as a method of choice in introducing hijaiyah letters according to the character of early childhood. The focus of the research questions in this thesis are (1) How is the application of the Tilawati method using flashcard media in introducing hijaiyah letters to children aged 3-4 years at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?, (2) How is the application of the Tilawati method using flipchart / hijaiyah calendar media in introducing hijaiyah letters in children aged 3-4 years at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?, (3) How is the application of the Tilawati method using Tilawati PAUD volume teaching materials in introducing hijaiyah letters to children aged 3-4 years at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu?. The type of research used in this research is qualitative with a case study approach. The research location is at PAUD Ulul Albab Maron Boyolangu. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Data analysis is by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity checks are carried out by extending participation, persistence observation, triangulation of data sources. The results of this thesis research are (1) The application of the Tilawati method using flashcard media is a) The teacher invites the children to arrange the table to form the letter “U”. b) The teacher opens the lesson with greetings followed by oral exercises. c) Recognition of the characteristics of hijaiyah letters. d) Introduction of hijaiyah letters with the concept of position direction. (2) The application of flipchart / hijaiyah calendar media is a) The teacher prepares flipchart / hijaiyah calendar media and its equipment. b) The media is placed in the middle. c) Core learning activities. d) Evaluation for children who do not understand. (3) The application of the Tilawati PAUD method using the Tilawati PAUD volume book is a) Giving instructions to children to take the PAUD Tilawati volume book and the Kitabaty book. b) Some children color the Kitabaty book. c) Children read the Tilawati PAUD volume book. d) The teacher reads the hijaiyah letters that have been conveyed then the children imitate. e) Read the hamdalah reading together.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206173010 ISMA KARTIKASARI
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:35
Last Modified: 22 Feb 2022 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item