STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI ICE BREAKER PADA MUATAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

NANDA AGIE ZUHDIATI, 12205173007 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI ICE BREAKER PADA MUATAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Ice Breaker pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021”, ditulis oleh Nanda Agie Zuhdiati, NIM 12205173007, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di bimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Ice Breaker Konsentrasi belajar adalah salah satu hal penting dalam proses pembelajaran matematika, dikarenakan matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Untuk itu, upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan mengimplementasikan ice breaker dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya ice breaker suasana pembelajaran akan lebih menyenangkan dan siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pembelajaran dengan semangat serta lebih fokus dan konsentrasi saat pembelajaran. sengan demikian materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik, tujuan pembelajaran pun dapat tercapai sesuai dengan yang di tetapkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Strategi Guru untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Ice Breaker Jenis Pembuka Materi pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Strategi Guru untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Ice Breaker Jenis Gerak Anggota Tubuh pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (3) Strategi Guru untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Ice Breaker Jenis Nyanyian pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.. Sumber data penelitian ini terdeiri dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik serta sumber data sekunder yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui empat tahap meliputi, 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Penarikan Kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini, adalah (1) strategi guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui implementasi ice breaker pada muatan matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang yaitu menggunakan ice breaker jenis pembuka materi, ketika ice breaker jenis pembuka materi diterapkan hal itu akan menciptakan semangat dan konsentrasi belajar di awal pembelajaran. Guru menerapkan ice breaker jenis pembuka materi berupa sapaan dan motivasi. (2) strategi guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui implementasi ice breaker pada muatan matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang yaitu menggunakan ice breaker jenis gerakanggota tubuh. Ice breaker jenis gerak anggota tubuh diterapkan saat siswa terlihat konsentrasinya menurun seperti mengantuk, ramai, ataupun asyik dengan barangnya. Guru menerapkan ice breaker jenis gerak anggota tubuh berupa melakukan tepuk tangan dengan nyanyian, melakukan pelemasan tangan, menyentuh bagian tubuh yang disebutkan guru, dan menyentuh bagian tubuh dengan nyanyian. (3) strategi guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui implementasi ice breaker pada muatan matematika di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Plosokandang yaitu menggunakan ice breaker jenis nyanyian. Ice breaker jenis nyanyian diterapkan saat siswa terlihat konsentrasinya menurun seperti mengantuk, ramai, asyik dengan barangnya, ataupun untuk membuat suasana pembelajaran matematika menjadi menyenangkan misalnya guru mengajak siswa menghafalkan bilangan prima dengan sebuah lagu, menyanyikan lagu untuk membuat siswa senang kembali. Apabila siswa merasa senang kembali dalam pembelajaran akan meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173007 NANDA AGIE ZUHDIATI
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:28
Last Modified: 21 Feb 2022 05:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item