ULYA NUR FAJRIAH, 12205173184 (2021) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “ Strategi Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Daring di SDIT Al-Asror Ringinpitu KedungwaruTulungagung” ini ditulis oleh Ulya Nur Fajriah, NIM. 12205173184, Dosen Pembimbing Dr. Moh. Arif M. Pd. I. KataKunci: Strategi, Media Video Pembelajaran, Pembelajaran daring Penelitian tentang strategi penggunaan media video dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring ini dilakukan untuk mengetahui strategi penggunaan media video sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi covid-19. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala serta persoalan yang dialami oleh guru maupun siswa khususnya pada penyajian video pembelajaran dan kaitannya dengan pemahaman siswa terhadap materi pada videi yang disajikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring di SDIT Al-Asror Ringinpitu? 2) Bagaimana Pelaksanaan strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring di SDIT Al-Asror Ringinpitu? 3) Bagaimana evaluasi strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring di SDIT Al-Asror Ringinpitu? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan melalui pendekatan deskripsi fenomenologi. Lokasi penelitiannya di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber primer dan skunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan study dokumentasi. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkann pengecekan keabsahan datanya menggunakan pengamatan dengan cermat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya: 1) Perencanaan strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring yaitu: a) menggunakan whatsapp sebagai sarana untuk menyampaikan video pembelajaran b) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta jurnal, c) Mencari materi pembelajaran yang sesuai dengan tema dan KD yang ada di buku ajar sebagai bahan membuat video, d) membuat media video yang semenarik mungkin dengan menambahkan gambar, ilustrasi atau animasi untuk memperjelas materi dalam video pembelajaran, e) membubuhkan latihan soal di dalam video pembelajaran yang telah dibuat baik berupa tes tulis maupun praktek, f) menggunakan metode discovery yang dipadukan dengan penggunaan media video pembelajaran. 2) Pelaksanaan strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring yaitu: a) melakukan pembiasaan berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran, b) guru membuka pembelajaran dengan mengenalkan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari dan tujuan dari pembelajaran, c) guru mengirim vidio pembelajaran, kemudian siswa diminta untuk mempelajari, dan memahami materi dalam vidio pembelajaran tersebut, d) siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan yang telah disisipkan dalam vidio pembelajaran tersebut, e) siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. 3) Evaluasi strategi penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran daring yaitu: a) evaluasi dengan menggunakan soal latihan, b) tingkat pemahaman dan ingatan siswa terhadap materi pembelajaran, c) pembahasan materi sebelumnya pada saat pembelajaran tatap muka, dan untuk beberapa kendala yang dialami yaitu: a) keterbatasan waktu guru untuk membuat video, b) keterbatasan guru untuk bisa mengawasi siswa belajar secara langsung, c) kurang mahirnya guru dalam membuat video, d) jaringan serta kuota internet yang cukup besar untuk mendownload video.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173184 ULYA NUR FAJRIAH |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:07 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24999 |
Actions (login required)
View Item |