Jannah, Fitria Mu’arifatul (2014) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, abtrak, abstrack, mulkhosh.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi, Belajar Matematika Penelitian ini dilandasi oleh beragamnya tingkat antusias dan motivasi siswa kelas VII A dalam belajar matematika di MTs Negeri 2 Tulungagung. Anggapan siswa terhadap pelajaran matematika beragam, sebagian siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, namun sebagian dari mereka juga menganggap bahwa matematika tidak terlalu sulit bahkan ada yang beranggapan bahwa matematika itu mudah, sehingga motivasi siswa untuk belajar matematika menjadi bermacam-macam. Untuk itu guru harus berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar matematika sesuai dengan kebutuhan siswanya, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Atas dasar ini penelitian dengan judul upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung dilaksanakan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung?. 2) Bagaimana upaya guru dalam meningktkan motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung. 2) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik keajegan pengamatan, teknik triangulasi, dan pemeriksaan dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) upaya guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung berjalan cukup baik, diantara upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar matematika adalah dengan cara menumbuhkan minat. Selain itu guru juga memberikan penyadaran kepada siswa tentang pentingnya belajar matematika. Guru juga selalu menjelaskan tujuan akhir dari materi-materi yang dipelajari, kemudian guru juga mengumumkan hasil ulangan kepada seluruh siswa, dengan tujuan agar siswa lebih bersemangat untuk belajar dan meningkatkan prestasinya. 2) upaya guru dalam meningkatkan motivasi ektrinsik siswa dalam belajar matematika di kelas VII A MTs Negeri 2 Tulungagung berjalan cukup baik, diantara upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi ektrinsik siswa dalam belajar matematika adalah dengan cara memberikaan ganjaran kepada siswa yang mengerjakan tugas dari guru atau yang belum mengerjakan tugas. Selain itu guru juga memberikan tugas dan mengadakan ulangan, karena dengan diberikan tugas dan ulangan siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Bagi siswa yang sudah bersemangat untuk belajar matematika guru mempunyai cara sendiri yaitu dengan mengadakan kompetisi, memberikan nilai kepada siswa yang berprestasi dan memberikan pujian kepada siswa yang mengerjakan soal, baik selesai atau tidak karena dengan cara seperti ini, siswa menjadi merasa diperhatikan oleh gurunya 3) Adapun faktor pendukung dalam upaya guru meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam belajar matematika meliputi adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, lingkungan yang kondusif ketika pelajaran yang dapat memberi kenyamanan bagi guru dan siswa, hubungan yang baik antara siswa dan guru, adanya kesadaran dari siswa serta dukungan orang tua ketika siswa sudah tidak lagi diawasi oleh gurunya. Adapun faktor yang menghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah kondisi lingkungan belajar yang terkadang kurang kondusif untuk belajar, kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah serta kurangnya perhatian dari sebagian orang tua yang sibuk, sehingga membuat siswa malas dan tidak termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2014 02:52 |
Last Modified: | 30 Sep 2014 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25 |
Actions (login required)
View Item |