NILNA MUNA ALAWIYAH, 12201173042 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang biasanya dilakukan secara langsung tatap muka antara guru dengan peserta didik, kini harus dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dikarenakan adanya wabah Covid-19. Sehingga guru harus memiliki strategi yang tepat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimasa pandemi Covid-19 supaya pembelajaran tetap berjalan dengan efektif, efisien dan optimal serta dapat berlangsung dengan baik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek? Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan penelitian ini dilaksanakaan adalaha: (1) Untuk mengetahui strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek. (2) Untuk mengetahui strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek. (3) Untuk mengetahui strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik penelitian data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek meliputi strategi pengorganisasian yaitu sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk mebuat urutan dan mensintesisi fakta, konsep prosedur dan prinsip yang berkaitan dengan pembelajaran, yang dilaksanakan di SMP Islam Durenan Trenggalek yaitu pembuatan RPP dan silabus. (2) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek yang kedua strategi penyampaian. Strategi penyampaian pembelajaran mencakup tiga hal yaitu pertama media dan metode pembelajaran, kedua interaksi si belajar, ketiga bentuk belajar mengajar. (3) Strategi pengelolaan pembelajaran Pendididkan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMP Islam Durenan Trenggalek yaitu mencakup empat hal yang menjadi urusan strategi pengelolaan diantaranya penjadualan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Metode Pembelajaran Pandemi Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173042 Nilna Muna Alawiyah |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 02:44 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25001 |
Actions (login required)
View Item |