AHMAD RIZZA ALFAQI, 1721143031 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MTs AL - MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar” ditulis oleh Ahmad Rizza Alfaqi, NIM. 1721143031, di bimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Meningkatkan Akhlak Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang sebuah fenomena yang terdapat dalam sistem pendidikan di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar, yang mana seluruh siswa yang mengenyam pendidikan di MTs Al-Muslihuun terlihat oleh peneliti sangat bagus, terkait akhlak dan budi pekertinya. Opini dari orang tua siswa yang menilai bahwa pembelajaran di MTs Al-Muslihuun mengandung pembentukan nilai-nilai religius yang baik. Serta lingkungan madrasah yang kondusif dan kental dengan nuansa pesantren salaf, sebab letak madrasah bersebelahan dengan Pondok Pesantren Al-Muslihuun. Dan dalam hal tersebut tidak lepas dari peran seorang guru PAI yang membimbing serta mendidik siswanya dengan baik. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? (2). Bagaimana peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? (3). Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dan data tentang kegiatan peran guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana, dokumen tentang MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan Agama Islam di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar sudah berperan aktif dalam meningkatkan akhlak pada siswa. Hal ini terlihat dari metode-metode yang dilakukan guru, adalah: (1). Guru PAI sebagai pendidik yaitu dengan selalu membimbing dan mengarahkan siswa untuk berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu ektrakurikuler keagamaan seperti hadrah, MTQ, dan kegiatan keagamaan lain seperti pengajian, tahlil/istighosah, shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, juga digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan guru dalam meningkatkan akhlak siswa. (2). Guru PAI sebagai model danteladan yaitu dengan selalu memberikan contoh yang baik pada siswa agar para siswa juga memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu setelah itu berdoa bersama-sama, selain itu guru juga memberi motifasi kepada siswa untuk selalu berbuat kebaikan. (3). Guru PAI sebagai evaluator yaitu evaluasi disini dimaksud untuk mengurangi pelanggaran yang dilakukan siswa, yaitu dengan cara guru mengajak siswa mengikuti kegiatan pengajian, agar akhlak mereka terbentuk melalui kegiatan tersebut. Dan guru juga melakukan evaluasi terhadap orang tua siswa dengan maksud untuk mengarahkan mereka mengenai pentingnya perhatian dan bimbingan keluarga terhadap siswa terutama tentang akhlak siswa. Sampai saat ini dengan adanya evaluasi tersebut dapat mengurangi pelanggaran yang dilakukan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143031 AHMAD RIZZA ALFAQI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25009 |
Actions (login required)
View Item |