PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTSN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

SATRIA PEGGY SUKMA, 17201163047 (2020) PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTSN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran guru Aqidah Akhlaq dalam membina karakter peserta didik di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Satria Peggy Sukma. NIM. 17201163047. Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Peran guru sebagai motivator, inisiator, mediator, dan karakter peserta didik Guru pendidikan agama Islam umumnya, dan guru Aqidah Akhlaq khususnya memiliki peran besar terhadap mendidik karakter siswa. Materi pelajaran Aqidah Akhlaq bukan hanya sekedar materi yang diajarkan di kelas, tapi juga membutuhkan pembiasaan dalam tujuan pembelajarannya. Dan hasil atau produk dari pembelajaran Aqidah Akhlaq tidak hanya menuntut siswa memahami materi yang diajarkan oleh guru didalam kelas, tapi juga menuntut siswa agar berakhlak karimah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlaq sebagai motivator dalam membina karakter peserta didik di MTsN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlaq sebagai inisiator dalam membina karakter peserta didik di MTsN 6 Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlaq sebagai mediator dalam membina karakter peserta didik di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: 1) Peran guru sebagai motivator dalam membina karakter peserta didik adalah a) memberikan nasehat untuk membedakan baik dan buruk, b)Membangkitkan kesadaran peserta didik untuk bersikap baik/positif dan memberikan pujian, c) Kendala guru sebagai motivator adalah kesulitan memotivasi karena faktor lingkungan atau dari diri anak sendiri. 2) Peran guru Aqidah Akhlaq sebagai inisiator dengan a) Memberikan ide pembiasaan salam sapa saliman, disiplin waktu beribadah, sholat dhuha, berdo’a sebelum melakukan segala sesuatu dan bicara yang sopan, b) Melalui pendekatan emosional seperti perhatian dengan sesama teman. Spiritualnya selalu diajak sholat berjama’ah, sosial seperti membiasakan berinfaq, bershodaqoh dan menjenguk teman yang sakit. 3) Peran guru Aqidah Akhlaq sebagai mediator dengan a) menganalisis karakter peserta didik yaitu dengan ucapan dan perbuatannya, b) Pemecahan masalah karakter peserta didik melalui pengawasan dan penuturan, c) Menengahi karakter peserta didik yang kurang baik dengan upaya langsung, d) Memberikan masalah perilaku dan didiskusikan dengan sesama teman, e) Melakukan interaksi positif, f) Mengusahakan perilaku peserta didik untuk bermanfaat secara praktis, g) Guru membangun sikap saling pengertian dengan peserta didik dalam membina karakter, bahwa siswa pasti membutuhkan guru dan harus saling pengertian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163047 SATRIA PEGGY SUKMA
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:04
Last Modified: 23 Feb 2022 05:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25010

Actions (login required)

View Item View Item