PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMPI ANHARUL ULUM KADEMANGAN BLITAR

M. FAISAL, 1721143222 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMPI ANHARUL ULUM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di SMP Anharul Ulum Sukosari Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh M. Faisal, NIM. 1721143222, pembimbing Dr. Fathul Mujib, M. Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Minat belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat dan kurang menguasai materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif. Melalui model pembelajaran kooperatif pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna karena materi pelajaran dikaitkan dengan masalah- masalah yang dekat dengan kehidupan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IX di SMP Anharul Ulum Sukosari Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi experimental dengan desain Posttest-only Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Anharul Ulum Sukosari. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX-A (kelompok eksperimen) dan IX-B (kelompok kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sample t- Test dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap minat belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,17 > 2,000 dengan rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 70,03 dan kelas kontrol sebesar 64,71. (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,979 > 2,000 dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 80,44 sedangkan kelas kontrol sebesar 72. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap minat dan hasil belajar siswa. Terbukti dari analisis Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root, dimana sig. sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143222 M. FAISAL
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:21
Last Modified: 01 Mar 2022 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

View Item View Item