PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS III MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

DEWI OKTAVIA ANITA PUTRI, 12205173081 (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS III MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh DEWI OKTAVIA ANITA PUTRI, NIM. 12205173081, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan Motivasi, Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena naik turunnya motivasi siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena minat atau motivasi siswa memegang peran penting agar sebuah pembelajaran terlaksana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Meskipun untuk mendapatkan dampak yang baik selalu ada hambatan atau kendala di dalamnya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? 2) Bagaimana dampak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? 3) Bagaimana hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang peran guru, dampak dan hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu, (a) kepala madrasah, (b) guru, (c) siswa, 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. 3) place (tempat), yaitu di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi meliputi sumber dan metode, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa tidak pernah lepas dari minat siswa itu sendiri. Sedangkan minat selama pembelajaran jarak jauh sangat bergantung pada mood siswa, intensitas kesulitan mata pelajaran yang dipelajari. Awal pembelajaran jarak jauh siswa sangat antusias dengan sistem pembelajaran baru. Tetapi, lama - lama siswa juga merasa bosan. (2) Dampak yang terjadi ketika siswa diberikan motivasi oleh guru akan ada perubahan yang terjadi pada dirinya, sehingga guru sangat mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Sudah bisa dipastikan guru yang aktif akan membuat siswa menjadi aktif. Namun berbeda dengan guru yang pasif maka juga akan mempengaruhi siswa untuk tidak bersemangat dalam belajar (3) Ada beberapa hambatan yang terjadi dalam meningkatkan motivasi siswa, (a) sarana dan prasarana yang kurang memadai, (b) kerjasama antara siswa dan orangtua juga diperlukan, apabila tidak ada maka akan menjadi penghambat, (c) pemahaman siswa terkait materi (d) guru kesulitan memantau langsung siswa karena terpaut jarak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173081 DEWI OKTAVIA ANITA PUTRI
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:30
Last Modified: 02 Mar 2022 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25096

Actions (login required)

View Item View Item