SINTA KARISMA DEVI, 12205173049 (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NASYATUT THOLIBIN KARANGREJO GARUM BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (842kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar” ini ditulis oleh Sinta Karisma Devi NIM 12205173049, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh Nurul Huda, M.A Kata Kunci : Perhatian Orang tua, Motivasi, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perhatian orang tua dalam proses pembelajaran pada masa pandemi COVID–19. Perhatian orang tua sangatlah mendukung dalam kegiatan belajar anak baik di sekolah maupun dirumah khususnya pada masa pandemi COVID-19 ini. Anak yang mendapat perhatian dari orang tua menjadikan mereka lebih termotivasi dalam belajar yang berdampak pada prestasi belajar dalam berbentuk nilai yang diperoleh menjadi meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar? 2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar? 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode kuantitatif. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya dalam sekolah. Angket digunakan dalam penelitian untuk memperoleh data-data perhatian orang tua dan motivasi belajar peserta didik. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan serta memperoleh data-data pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,032 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MI Nasyatut Tholibin Karangrejo Garum Blitar. Hal ini dibuktikan dari nilai uji Manova bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memeiliki sig. 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Artinya harga F Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173049 SINTA KARISMA DEVI |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 08:51 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25181 |
Actions (login required)
View Item |