FILA DWI FRANSISKA, 12205173011 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Fila Dwi Fransiska, 12205173011, Strategi Guru Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Matematika di Mi Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam pembelajaran untuk menjelaskan materi matematika, khususnya dengan menggunakan pembelajaran daring atau secara online. Tidak semua siswa memiliki minat belajar yang baik atau tinggi pada saat pembelajaran daring ini, ditambah dengan materi matematika yang siswa rasa pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkai fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimanakah strategi pembelajaran ekspositoridalam pembelajaran daring yang digunakan guru untukmenumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimanakah strategi pembelajaran contextual learningdalam pembelajaran daring yang di gunakan guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimanakah strategi pembelajaranberbasismasalahdalampembelajaran daring yang di gunakan guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, danb penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi ekspositori digunakan pada kelas 2 MI, yaitu penyampaian materi secara verbal antara guru dan siswa. materi yang disampaikan seperti penjumlahan dan pengurangan melalui media youtube dan whatsaap. Pegumpulan tugas juga menjadi salah satu untuk melihat minat belajar siswa kelas 2 MI Nurul Islam Mirigambar, 2) Strategi contextual learning yaitu pembelajaran yang mengaitkan materi dengan dunia nyata siswa, strategi ini diterapkan guru kelas 3 MI khususnya dalam pelajaran matematika. Minat belajar siswa dilihat dari ketepatan atau keterlambatan dalam mengumpulkan tugasnya, 3) Kelas 4 MI merupakan salah satu kelas yang menggunakan srategi pembelajaran berbasis masalah, strategi ini dilihat guru melalui memberikan materi atau soal-soal materi seperti rumus-rumus bangun datar, KPK dan FPB, disini siswa dilatih untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal-soal tersebut. Untuk menumbuhkan minat belajar guru dibantu oleh para orang tua siswa dalam pengerjaan tugasnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173011 FILA DWI FRANSISKA |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 00:39 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 00:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25182 |
Actions (login required)
View Item |