STRATEGI GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FILA DWI FRANSISKA, 12205173011 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Fila Dwi Fransiska, 12205173011, Strategi Guru Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Matematika di Mi Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam pembelajaran untuk menjelaskan materi matematika, khususnya dengan menggunakan pembelajaran daring atau secara online. Tidak semua siswa memiliki minat belajar yang baik atau tinggi pada saat pembelajaran daring ini, ditambah dengan materi matematika yang siswa rasa pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkai fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimanakah strategi pembelajaran ekspositoridalam pembelajaran daring yang digunakan guru untukmenumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimanakah strategi pembelajaran contextual learningdalam pembelajaran daring yang di gunakan guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimanakah strategi pembelajaranberbasismasalahdalampembelajaran daring yang di gunakan guru untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, danb penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi ekspositori digunakan pada kelas 2 MI, yaitu penyampaian materi secara verbal antara guru dan siswa. materi yang disampaikan seperti penjumlahan dan pengurangan melalui media youtube dan whatsaap. Pegumpulan tugas juga menjadi salah satu untuk melihat minat belajar siswa kelas 2 MI Nurul Islam Mirigambar, 2) Strategi contextual learning yaitu pembelajaran yang mengaitkan materi dengan dunia nyata siswa, strategi ini diterapkan guru kelas 3 MI khususnya dalam pelajaran matematika. Minat belajar siswa dilihat dari ketepatan atau keterlambatan dalam mengumpulkan tugasnya, 3) Kelas 4 MI merupakan salah satu kelas yang menggunakan srategi pembelajaran berbasis masalah, strategi ini dilihat guru melalui memberikan materi atau soal-soal materi seperti rumus-rumus bangun datar, KPK dan FPB, disini siswa dilatih untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal-soal tersebut. Untuk menumbuhkan minat belajar guru dibantu oleh para orang tua siswa dalam pengerjaan tugasnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173011 FILA DWI FRANSISKA
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:39
Last Modified: 14 Mar 2022 00:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item