DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DI SMP MAMBA’UL HISAN GANDUSARI BLITAR

RIRIN DWI SAPUTRI, 12204173113 (2021) DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DI SMP MAMBA’UL HISAN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Ririn Dwi Saputri, NIM 12204173113, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Defragmenting, Struktur Berpikir, penyelesaian masalah, SPLDV. Latar belakang dalam Skripsi ini adalah belum terealisasinya penyelesaian masalah matematika siswa dengan baik. Kesalahan dalam menyelesaikan masalah menunjukkan bahwa masih belum mampu mengaitkan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dikarenakan belum adanya kesesuaian struktur berpikir dengan masalah yang dihadapi. Penyelesaian soal cerita memberikan pengalaman untuk menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-harinya. Mengingat pentingnya kemampuan penyelesaian masalah dan kesalahan struktur berpikir dapat diperbaiki agar sesuai dengan struktur masalahnya. sehingga Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki struktur berpikir adalah melalui Defragmenting. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Defragmenting dan kesalahan struktur berpikir siswa kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar, 2) Mendeskripsikan Defragmenting dan kesalahan struktur berpikir siswa kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar dan subjek penelitian adalah Siswa kelas VIII. Pengambilan data ini dimulai dari nilai hasil ulangan harian pelajaran SPLDV hingga mendapatkan subjek dengan 2 siswa berkemampuan rendah dan 2 siswa berkemampuan sedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa berkemampuan rendah mengalami Fragmentasi Fragmentasi Ketiadaan skema, Fragmentasi lubang koneksi, Fragmentasi mis-analogical thingking. Defragmenting yang diberikan oleh peneliti kepada siswa berkemampuan rendah dengan memberikan Disequilibrasi, Conflict cognitive, dan scaffolding. 2) Siswa berkemampuan sedang mengalami Fragmentasi lubang kontruksi, Fragmentasi lubang koneksi. Defragmenting yang diberikan oleh peneliti kepada siswa berkemampuan sedang dengan memberikan Disequilibrasi, Conflict cognitive, dan scaffolding.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173113 RIRIN DWI SAPUTRI
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:38
Last Modified: 10 Mar 2022 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item