KOGNISI SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 14 MAGETAN JANGGAN PONCOL MAGETAN

ULFA ZAHROTUL FATAHIYAH, 12205173321 (2021) KOGNISI SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 14 MAGETAN JANGGAN PONCOL MAGETAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfa Zahrotul Fatahiyah. 12205173321. Kognisi Siswa Dalam Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 14 Magetan Janggan Poncol Magetan. skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Ridho Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Kognisi Siswa, Penggunaan Media Video Animasi, pembelajaran SKI Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan, suatu kejadian atau peristiwa. Pengembangan kognitif sangat penting dikembangkan sejak dini karena kognitif sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek perkembangan anak. Ditengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta informasi. Pembelajaran dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman sesuai kebutuhan dalam dunia pendidikan. Termasuk dalam proses belajar mengajar, dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa video animasi sebagai alat untuk menyalurkan informasi kepada siswa yang diharapkan dapat membantu perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Memaparkan penggunaan media video animasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)di MIN 14 Magetan,. (2) Memaparkan bagaimana kognisi siswa selama penggunaan media video animasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berpengaruh terhadap kognisi siswa di MIN 14 Magetan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, sumber datanya adalah Guru kelas V MIN 14 Magetan, guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas V MIN 14 Magetan dan siswa kelas V MIN 14 Magetan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, proses pembelajaran SKI dengan menggunakan media video animasi ini dilakukan dengan pembelajaran tatap muka disekolah dengan mematuhi protokol kesehatan, sebelum pembelajaran guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan pada saat pelaksaan pembelajaran SKI, kendala dalam menyiapkan pembelajaran yaitu kurangnya pengetahuan guru mengenai ilmu teknologi, kemudian dalam pelaksaan pembelajaran SKI dengan media video animasi yaitu guru terlebih dahulu menampilakn power point untuk menjelaskan materi yang akan dibahas setelah itu guru menanyangkan media video animasi yang berkaitan dengan materi guna memperkuat pengetahuan siswa, kendala yang sering ditemui guru dalam pelaksaan pembelajaran yaitu faktor keturan, kurangnya perkembangan otak siswa dalam belajar karna faktor keturunan dan juga faktor lingkungan teman yang bermalas-malasan. Kedua, kognisi siswa dalam pembelajaran SKI menggunakan video animasi yaitu siswa sangat tertarik dan sangat antusias dalammengikuti pembelajaran SKI yang menggunakan media video animasi, sesuai dengan taksonomi Bloom yaitu: a) aspek pengetahuan, siswa mampu menjelaskan apa yang mereka tangkap dari materi yang disampaikan lewat media video animasi, b) aspek pemahaman, siswa mampu menyampaikan dan juga menggabungkan pemahaman mereka dengan bhasa mereka sendiri terkait media video animasi sehingga mereka mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan juga mampu menganalisis serta menerapkan nilai-nilai yang diambil dari materi pembelajaran SKI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173321 ULFA ZAHROTUL FATAHIYAH
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:42
Last Modified: 10 Mar 2022 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25188

Actions (login required)

View Item View Item