STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

TITIS DITIYA RINDAYU, 12201173060 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung” Tahun ini di tulis oleh Titis Ditiya Rindayu, NIM. 12201173060. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag Kata kunci: Strategi guru, Pembentukan karakter religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para anak-anak di usia sekolah kurang atau belum memiliki karakter religius, dimana karakter religius merupakan karakter yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam menghadapi perkembangan zaman, yang diharap dengan memiliki karakter religius ini peserta didik dapat berperilaku sesuai dengan agamanya, oleh karena itu karakter religius harus di bentuk sejak dini agar saat dewasa peserta didik tidak terjerumus dalam hal yang tidak baik. Oleh karena itu, di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung berupaya dalam membentuk karakter religius peserta didik yang dimana pembentukan karakter religius ini langsung dibimbing oleh guru terutama guru Akidah Akhlak. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam membetuk karakter religius peserta didik di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? 2. Bagaimana pelaksanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam membetuk karakter religius peserta didik di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? 3. Bagaimana evaluasi strategi guru Akidah Akhlak dalam membetuk karakter religius peserta didik di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak dan peserta didik dan beberapa pihak yang membantu di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagagung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data, peneliti melalui tahap perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triangulasi, dan mendiskusikan dengan pihak lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Perencanaan strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter dengan a. Berkerjasama dengan beberapa pihak dalam menyusun RPP, b. Membuat program kegiatan keagamaan, c. Menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, dan nasihat. Kedua Pelaksanaan strategi guru Akidah Akhlak membentuk karakter religius dengan melaksanakan apa yang yang telah direncanakan, a. melaksanakan dari penyusun RPP dengan menerapkan metode, guru Akidah Akhlak membiasakan peserta didik untuk berdoa bersama yang dipimpin oleh guru Akidah Akhlak, dan guru Akidah Akhlak memberikan nasihat kepada peserta didik, b. melaksanakan program kegiatan keagamaan dengan menerapkan metode, Guru Akidah Akhlak membiasakan para peserta didik untuk melaksanakan kegiatan keagamaan meliputi membaca yasin tahlil dan sholat berjamaah, guru Akidah Akhlak dan guru yang lain mendampingi peserta didik, dan selalu memberikan nasihat kepada peserta didik. Ketiga, Evaluasi strategi guru Akidah Akhlak membentuk karakter religius, dengan dua teknik yaitu a.teknik tes, b. non-tes. Dalam pembentukan karakter religius ini membawa perubahan antara lain: a. peserta didik menjadi religius, b. disiplin, c. jujur, d. tanggung jawab, dan e. percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173060 Titis Ditiya Rindayu
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:48
Last Modified: 28 Mar 2022 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item