EFEKTIVITAS METODE BELAJAR LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMA PGRI KALANGBRET TULUNGAGUNG

CHIRZUN ARZAQI, 17210163064 (2021) EFEKTIVITAS METODE BELAJAR LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMA PGRI KALANGBRET TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Belajar Luar Kelas dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi di SMA PGRI Kalangbret Tulungagung,” yang ditulis oleh Chirzun Arzaqi. NIM. 17210163064, Jurusan Tadris Bahasa Indonesua, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Belajar Luar Kelas, Menulis Teks Hasil Observasi Teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks berfungsi untuk menyajikan informasi secara umum mengenai sesuatu berdasarkan hasil pengamatan. Dalam penyusunan teks hasil observasi diperlukan dengan bahasa kalimat efektif ataupun kalimat sederhana yang mampu menjelaskan kondisi sesungguhnya dari hasil pengamatan seseorang. SMA PGRI Kalangbret Tulungagung merupakan salah satu sekolah setingkat SMA yang memanfaatkan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis teks laporan hasil observasi untuk melatih kemampuan menulis dan aspek kebahasan yang dimiliki oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode belajar luar kelas dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di SMA PGRI Kalangbret Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Desain penelitian ini yaitu eksperimental, dengan diterapkan one pretest dan one posttest design, dengan responden siswa kelas X SMA PGRI Kelengbret Tulungagung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa “Ada efektivitas yang signifikan penerapan metode belajar luar terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di SMA PGRI Kalangbret Tulungagung.” Menulis pada dasarnya merupakan kebutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang, dengan menulis maka seseorang tersebut dapat saling bertukar pesan scara langsung maupun tidak langsung untuk dijadikan sebagai metode komunikasi. Sesuai hasil penghitungan effect size guna mengetahui tingkat efektivitas, diketahui nilai Cohen sebesar 25.85, hal itu menunjukkan bahwa penerapan metode belajar luar kelas berpengaruh rendah terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA PGRI Kalangbret Tulungagung, dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dan nilai terdahulu. Artinya, dengan diterapkannya metode belajar luar kelas di SMA PGRI Kalangbret Tulungagung, hanya memberikan efek sekitar 25.85 % dengan pembelajaran yang tidak diterapkan metode belajar luar kelas. Meskipun dari hasil pengujian dapat diketahui nilai sebesar 25.85 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163064 CHIRZUN ARZAQI
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:22
Last Modified: 23 Mar 2022 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item