SADA ANOM MARSUDI, 17201163017 (2021) METODE GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (948kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (488kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ” Metode Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Sada Anom Marsudi, NIM 17201163017, pembimbing : Germino Wahyu Broto, M.Si. NIP. 198 00301 201403 1 001. Kata Kunci : Metode Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembinaan akhlak peserta didik di tengah pesatnya perkembangan zaman dan penyebaran informasi di era milenial ini. Guru Akidah akhlak yang tidak hanya memiliki peran sebagai seorang guru tetapi juga berkewajiban dalam pembinaan akhlak peserta didik dituntut untuk memiliki metode yang jitu dan efektif dengan keterbatasan jam pelajaran yang dimiliki. Metode guru Akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah peserta didik diharapkan dapat meningkatkan akhlak peserta didik ke arah yang lebih baik dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana metode guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah nilai kejujuran peserta didik di MAN 2 Tulungagung ? 2) Bagaimana metode guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah nilai kedisiplinan peserta didik di MAN 2 Tulungagung ? 3) Bagaimana metode guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah nilai adab berpakaian peserta didik di MAN 2 Tulungagung ? Pendekatan yang digunakan dalam penelirian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Metode guru Akidah akhlak dalam membina sifat kejujuran peserta didik yakni dengan menggunakan metode diskusi, pembiasaan, memberi motivasi dan nasehat. 2) Metode guru Akidah akhlak dalam membina nilai kedisiplinan peserta didik yakni dengan pembiasaan, keteladanan, memberi nasehat dan teguran. 3) Metode guru Akidah akhlak dalam membina adab berpakaian peserta didik yakni dengan keteladanan, pembiasaan, nasehat dan teguran. Dapat disimpulkan bahwa metode pembinaan guru Akidah akhlak baik di dalam maupun di luar kelas MAN 2 Tulungagung mampu meningkatkan akhlakul karimah peserta didik secara signifikan. Hal ini dirasakan manfaatnya dan mendapat tanggapan yang positif dari seluruh warga madrasah untuk ikut mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163017 SADA ANOM MARSUDI |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:13 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25288 |
Actions (login required)
View Item |