PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT PELAKU USAHA UNTUK MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar)

WIDYA YUSTIKA SARI, 12401173409 (2021) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT PELAKU USAHA UNTUK MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (966kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (995kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Minat Pelaku Usaha menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar)”, ini ditulis oleh Widya Yustika Sari, NIM. 12401173409, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Iffatin Nur, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan praktik perbankan syariah di Indonesia yang telah menunjukkan pertumbuhan dan tentu mendapat peluang besar untuk menarik minat kepada pelaku usaha di pasar supaya menggunakan jasa perbankan syariah. Namun, kecenderungan pelaku usaha memilih bank konvensional masih tergolong tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi minat pedagang sebagai pelaku usaha seperti faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Berdasarkan pemaparan latar belakang tersebut dapat dirumuskan pokok permasalahan yaitu apakah faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar untuk menjadi nasabah di bank syariah, apakah faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar untuk menjadi nasabah di bank syariah, apakah faktor pribadi berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar untuk menjadi nasabah di bank syariah dan apakah faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar untuk menjadi nasabah di bank syariah. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial maupun simultan terhadap minat pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar untuk menjadi nasabah bank syariah. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden yaitu pedagang di Pasar Wlingi Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 93 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian dengan SPSS 21.0 dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah. Sedangkan secara simultan atau secara bersama-sama variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah. Kata kunci: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Minat menjadi nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173409 WIDYA YUSTIKA SARI
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:19
Last Modified: 22 Mar 2022 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item