PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HAWA, FIRDAUSIL (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) halaman sampul.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) bab 1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) bab 2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) bab 3.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) bab 4.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Firdausil Hawa (32114113007-TMT) bab 5.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Firdausil Hawa, nim 3214113007, dibimbing oleh, Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, prestasi belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dunia sekolah sekarang ini sangat berbeda dengan masa dulu. Sekarang siswa banyak yang berani membolos sekolah, melanggar peraturan sekolah dan membuat kegaduhan di dalam kelas. Mereka beralasan karena merasa tidak mampu dengan mata pelajaran yang diberikan dan menganggap belajar itu membosankan. Salah satu pelajarannya yaitu matematika. Selain itu, banyak siswa yang mempunyai sikap acuh terhadap sekolah lebih bersikap mudah menyerah dan berpikir masa bodoh dengan dirinya sendiri. Semua sikap yang ditimbulkan oleh siswa berpusat pada emosi yang ada pada diri mereka. Oleh karena itu, sekolah dan para guru diharapkan mampu membantu mengarahkan para siswa untuk lebih bias mengontrol emosinya agar dapat meraih prestasi belajar yang lebih baik khususnya matematika. Sehingga, siswa bisa lebih bersemangat dalam meraih impiannya. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidak pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa-siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri.(2) Mengetahui ada atau tidak pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa-siswi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri. (3) Mengetahui ada atau tidak pengaruh emosional dan kecerdasan kecerdasan spiritual secara bersama terhadap prestasi belajar matematika pada siswa-siswi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket, dokumentasi serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keberadaan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa MTs Aswaja Tunggangri yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar matematika siswa, jumlah populasi, dan foto-foto penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan beberapa metode diatas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian yaitu Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai r_hitung =0,405 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan r_tabel =0,325 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian r_hitung>r_tabel akibatnya Ha yang diajukan diterima yaitu (1)“Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun ajaran 2014/2015.” Pada rumusan masalah kedua diperoleh nilai r_hitung =0,413 sedangkan〖 r〗_tabel=0,325 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian r_hitung>r_tabel akibatnya Ha yang diajukan diterima yaitu (2) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. Pada rumusan masalah ketiga diperoleh nilai r_hitung=0,4393 dan r_tabel=0,316 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga r_hitung>〖 r〗_tabel akibatnya Ha yang diajukan diterima sehingga (3)“Ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FIRDAUSIL HAWA
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:29
Last Modified: 20 Oct 2015 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item