PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN NOTE RECORDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 3 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

AFIFATUS ZAHRO’, 12204173032 (2021) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN NOTE RECORDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 3 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (717kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Video Pembelajaran Berbantuan Note Recording terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 3 Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022” ditulis oleh Afifatus Zahro’, NIM. 12204173032, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Bapak Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci: Video Pembelajaran, Note Recording, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran yang semakin beragam, utamanya di era pandemi yang mengaharuskan dilakukannya pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring atau jarak jauh ini selain menjadi tantangan bagi guru untuk mengembangkan media dalam menunjang pembelajaran, di sisi lain siswa juga tak luput dari dampak pembelajaran jarak jauh ini. Hal ini dibuktikan dengan merosotnya hasil belajar siswa yang dikarenakan kesulitan yang dirasakan sebab tuntutan untuk belajar secara mandiri dengan keterbatasan bahan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan Note Recording terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 3 Blitar dan seberapa besar pengaruh yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Blitar, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai pengambilan sampel. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media berupa video pembelajaran berbantuan Note Recording sebagai penunjang dan siswa kelas VII-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (soal) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel bebas (Independen) dengan bantuan SPSS 24.00 for windows dan besar pengaruh perlakuan (effect size). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan Note Recording terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji-t independent diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar . Berdasarkan nilai terbut dapat dilihat bahwa , artinya hasil ini tidak memenuhi kriteria H0 (H0 ditolak). (2) Besar pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan Note Recording terhadap hasil belajar siswa signifikan dengan persentase pengaruh sebesar 11%, yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173032 AFIFATUS ZAHRO’
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:07
Last Modified: 23 Mar 2022 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25325

Actions (login required)

View Item View Item