IMPLEMENTASI STRATEGI SUBSISTEN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN POLA KONSUMSI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung)

ALIF DIAH PUSPITASARI, 12508194041 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI SUBSISTEN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN POLA KONSUMSI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Strategi Subsisten dan Pengelolaan Keuangan sebagai Upaya Pembentukan Pola Konsumsi Islam (Studi pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung)” ditulis oleh Alif Diah Puspitasari, NIM. 12508194061, Pembimbing 1 Dr. H. Mashudi, M. Ag, Pembimbing 2 Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mahasiswa yang memiliki keuangan serba terbatas namun masih tetap bisa bertahan hidup. Hal ini menjadi bagian yang unik karena pada umumnya individu yang berada dalam keterbatasan maka akan sulit menyesuaikan diri. Namun, pada kenyataannya berbeda dengan mahasiswa yang masih tetap bisa bertahan, menyesuaikan diri dan belajar dengan berbagai prestasi. Berawal dari latar belakang di atas, maka penelitian ini difokuskan untuk meneliti permasalahan berikut; 1) Cara mengimplementasikan strategi subsisten mahasiswa IAIN Tulungagung 2) Cara mengimplementasikan pengelolaan keuangan mahasiswa IAIN Tulungagung, 3) Pola konsumsi mahasiswa IAIN Tulungagug, 4) Kendala dan solusi yang dihadapi mahasiswa IAIN Tulungagung dalam menerapkan strategi subsisten dan pengelolaan keuangan dalam pola konsumsi sehari-hari. Sebagai upaya menggali informasi dengan lebih mendalam, maka penelitiaan ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Adapun data yang digunakan akan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah memperoleh data lapangan, maka data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis Cresswell. Sebagai usaha menguji keabsahan data, maka dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian dengan cara triangulasi, member check dan perpanjangan waktu penelitian. Setelah melalui berbagai macam pengujian data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Mahasiswa IAIN Tulungagung mengimplementasikan strategi subsisten dengan menghemat konsumsi, bekerja dan membentuk jaringan sesama mahasiswa 2) Mahasiswa IAIN Tulungagung mengimplementasikan pengelolaan keuangan dengan cara menentukan dana, membuat catatan belanja, menabung dan membatasi diri; 3) Pola konsumsi mahasiswa IAIN Tulungagung secara umum adalah menerapkan pola konsumsi yang lebih hemat; 4) Kendala yang dihadapi adalah nafsu diri sendiri dan circle pertemanan, solusi yang ditawarkan adalah membatasi membawa uang saat belanja dan membentuk circle pertemanan yang positif. Kata Kunci: Pola Konsumsi, Strategi Subsisten, Pengelolaan Keuangan, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Gaya Hidup
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508194041 ALIF DIAH PUSPITASARI
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:04
Last Modified: 24 Mar 2022 01:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25368

Actions (login required)

View Item View Item