INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING HADIS PADA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (Studi Multi Situs di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja Kecamatan Talun Bli tar dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah Kecamatan Selopuro Blitar)

AHZAB MARZUQI, 12506194067 (2021) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING HADIS PADA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (Studi Multi Situs di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja Kecamatan Talun Bli tar dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah Kecamatan Selopuro Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Marzuqi, Ahzab. 12506194067, 2021. Internalisasi Pendidikan Karakter melalui Living Hadis pada Madrasah Diniyah Takmiliyah (Studi Multi Situs di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja Kec. Talun Kab. Blitar dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah Kec. Selopuro Kab Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, Pembimbing: 1. Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag, Pembimbing 2. Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci: Internalisasi, Pendidikan Karakter, Living Hadis, Madrasah Diniyah Takmiliyah Madrasah diniyah takmiliyah, lembaga non formal yang pernah dipandang sebelah mata karena keterbatasan serta pengorganisasian yang ala kadarnya justru mampu melakukan internalisasi yang memberikan dampak nyata dalam pembentukan karakter mulia. Rangkaian aktifitas kegiatan yang dilaksanakan menjadi fenomena unik serta potensi positif dalam merawat dan membentuk kedewasaan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan melalui proses living hadis di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah, dan (2) pendekatan penanaman nilai keagamaan melalui living hadis dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah, dan (3) implikasi dari penanaman nilai nilai keagamaan lewat living hadis dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Thoriqun Naja dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wasilatus Salamah . Hasil penelitian ini adalah, (1) Nilai keagamaan yang ditanamkan melalui kegiatan sholat ashar berjamaah, tegur sapa dan salim, tartil Al qur’an, program makan bersama, tahlil dan istighosah, ziarah kubur, anjangsana dan tahlil, ahad ceria, sholat maghrib berjamaah, doa sebelum dan sesudah belajar. (2) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembiasaan, keteladanan, pengalaman langsung, dan pendekatan fungsional. (3) Implikasi penanaman nilai keagamaan membentuk karakter religius, karakter disiplin, karakter kesopanan, karakter kejujuran, karakter tanggung jawab, karakter gotong royong dan berbagi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12506194067 AHZAB MARZUQI
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:50
Last Modified: 31 Mar 2022 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25373

Actions (login required)

View Item View Item