PROBLEMATIK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA KELAS VII-F MTSN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2022

RISQIYA AYU EL FITRI, 12210173013 (2021) PROBLEMATIK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA KELAS VII-F MTSN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematik Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Pada Kelas VII-F MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2022” ini ditulis oleh Risqiya Ayu El Fitri. NIM. 12210173013. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Problematika Guru, Problematika Siswa, Menulis Teks Prosedur. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterampilan menulis teks prosedur siswa yang sangat rendah dan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: teknik mengajar yang digunakan guru dalam mengajarkan teks prosedur kurang menarik minat siswa dalam belajar, media yang digunakan guru yang membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan, kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis, khususnya minat dalam menulis teks prosedur, siswa cenderung mengerjakan tugas dengan mencari diinternet, serta siswa kurang mampu dalam memilih dan menyusun kata dan kalimat yang efektif termasuk penggunaan tanda baca. Dari latar belakang tersebut, pertanyaan peneliti pada penelitian ini adalah: (1) Apa saja problematika Guru dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 (2) Apa saja problematika menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 (3) Bagaimana solusi problematika menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan apa saja problematika Guru dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 2) Mendeskripsikan apa saja problematika menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 3) Mendeskripsikan bagaimana solusi problematika menulis teks prosedur pada siswa kelas VII-F MTs.N 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-F serta observasi terkait situasi serta kondisi pembelajaran teks prosedur dari pembelajaran daring beralih ke pembelajaran tatap muka. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data yang digunakan yaitu triangulasi waktu dan tringulasi antar sumber data. Penerapan triangulasi data dengan cara membandingkan dan mengecek kembali data informasi yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan dalam pembahasan, maka disimpulkan sebagai berikut: pertama, problematika yang dialami guru bahasa Indonesia saat pembelajaran menulis teks prosedur pada saat pembelajaran luring. Ada beberapa permasalahan yang dilami yaitu 1) Problematika guru mengenai kurangnya media pembelajaran, 2) Problematika guru mengenai pelaksanaan pembelajaran luring pada teks prosedur, 3) Problematika guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara tatap muka pada teks prosedur. Kedua, problematika pembelajaran menulis teks prosedur siswa MTs.N 4 Tulunggung sebagai berikut: 1) Problematika saat pembelajaran menulis teks prosedur, 2) Problematika penggunaan media pembelajaran menulis teks prosedur, 3) Problematika menulis teks prosedur sesuai dengan unsur dan kebahasaan teks prosedur. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, upaya guru untuk mengatasi problematika tersebut adalah : 1) Dalam pembelajaran tatap muka, guru memberikan beberapa media pembelajaran diantaranya: power point yang dibuat semenarik mungkin agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran 2) Peserta didik membuat kelompok yang terdiri dari dari beberapa orang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru 3) Peserta didik diberikan umpan balik atau pertanyaan dengan jawaban pendek untuk mengingat materi dan memberikan poin tambahan bagi siswa yang dapat menjawab 4) Guru memberikan pengarahan kepada siswa bagaimana dan kapan huruf kapital digunakan 5) Guru memberikan motivasi kepada peserta didik berupa nasehat dan pujian agar para siswa lebih semangat dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173013 Risqiya Ayu El Fitri
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:45
Last Modified: 25 Mar 2022 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25376

Actions (login required)

View Item View Item