PENGARUH PEMBERDAYAAN GURU, EFIKASI DIRI, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU KESUKARELAAN GURU PNS MADRASAH IBTIDAIYAH DAN TSANAWIYAH KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN

SYAMSUDDIN, 12601195022 (2022) PENGARUH PEMBERDAYAAN GURU, EFIKASI DIRI, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU KESUKARELAAN GURU PNS MADRASAH IBTIDAIYAH DAN TSANAWIYAH KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN. [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai teori para ahli tentang berbagai variabel yang dapat memengaruhi perilaku kesukarelaan. Perilaku kesukarelaan secara umum dipahami sebagai perilaku ekstra individu yang tidak secara langsung atau eksplisit dapat dikenali dalam suatu sistem kerja formal karena perilaku kerjanya bersifat suka rela yang tidak bersumber pada persyaratan peran atau deskripsi pekerjaan dan jabatan yang secara jelas dituangkan dalam kontrak kerja dan yang secara agregat sebagai pilihan personal untuk berbuat lebih banyak dalam pekerjaannya sehingga perilaku kesukarelaan dianggap sebagai perilaku yang mampu meningkatkan kemampuan dirinya sebagai suatu kinerja individual yang selanjutnya memengaruhi kinerja tim dan pada akhirnya memengaruhi kinerja lembaga secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Seberapa baik kondisi pemberdayaan guru, efikasi diri, kualitas kehidupan kerja, kepuasan kerja, dan perilaku kesukarelaan PNS MI dan MTs Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan? 2) Apakah pemberdayaan berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru PNS MI dan MTs Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan? 3) Apakah efikasi diri berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru PNS MI dan MTs Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan?; 4) Apakah kualitas kehidupan kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru? 5) Apakah kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap perilaku kesukarelaan guru? 6) Apakah pemberdayaan berpengaruh langsung terhadap perilaku kesukarelaan guru? 7) Apakah efikasi diri berpengaruh langsung terhadap perilaku kesukarelaan guru? 8) Apakah kualitas kehidupan kerja berpengaruh langsung terhadap perilaku kesukarelaan guru? 9) Apakah pemberdayaan berpengaruh langsung terhadap efikasi diri guru? 10) Apakah efikasi diri berpengaruh langsung terhadap kualitas kehidupan kerja guru? 11) Apakah pemberdayaan berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja guru? 12) Apakah efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja guru? 13) Apakah kualitas kehidupan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja guru? dan 14) Apakah pemberdayaan berpengaruh tidak langsung terhadap perilaku kesukarelaan melalui kualitas kehidupan kerja guru?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji berbagai teori tentang pengaruh pemberdayaan guru, efikasi diri, kualitas kehidupan kerja, dan kepuasan kerja terhadap perilaku kesukarelaan baik yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung yang dimediasi oleh variabel efikasi diri, kualitas kehidupan kerja, dan kepuasan kerja. Hal ini dapat bermanfaat secara teoritis bagi berbagai pihak terkait dengan hasil penelitian ini yang berhasil menguatkan atau membantah berbagai teori dari para ahli sehingga dapat dijadikan rujukan secara operasional dalam mengelola madrasah. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket yang disebar ke seluruh sampel, yakni sebanyak 82 guru PNS Madrasah MI dan MTs Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). PLS merupakan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan berdasarkan variance atau component-based structural equation modeling. Penelitian ini memiliki model yang kompleks serta jumlah sampel yang terbatas sehingga dalam analisis data menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi pemberdayaan guru PNS MI dan MTs Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan secara umum dianggap baik oleh guru, yakni sebanyak 43,90%, efikasi diri Selatan secara umum dianggap baik oleh guru, yakni sebanyak 36,58%, kualitas kehidupan kerja secara umum dianggap baik oleh guru, yakni sebanyak 40,24%, kepuasan kerja guru secara umum dianggap baik oleh guru, yakni sebanyak 48,78%, dan perilaku kesukarelaan secara umum dianggap baik oleh guru, yakni sebanyak 43,90%; 2) Pemberdayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; 3) Efikasi diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja; 4) Kualitas kehidupan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; 5) Kepuasan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku kesukarelaan guru; 6) Pemberdayaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan); 7) Efikasi diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan; 8) Kualitas kehidupan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan; 9) Pemberdayaan secara signifikan berpengaruh positif terhadap efikasi diri; 10) Efikasi diri secara signifikan berpengaruh positif terhadap kualitas kehidupan kerja; 11) Pemberdayaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja; 12) Efikasi diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja; 13) Kualitas kehidupan kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku kesukarelaan melalui kepuasan kerja; serta 14) Pemberdayaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kesukarelaan melalui kualitas kehidupan kerja.

Item Type: Disertasi
Subjects: Agama > Non Muslim
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: syamsuddin 12601195022 syamsuddin
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:25
Last Modified: 09 Feb 2023 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25382

Actions (login required)

View Item View Item