PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK ( Studi Multisitus Di SMP Islam Fattahiyyah Boyolangu dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung )

ADAM IBRAHIM AZ ZAM ZAMI, 12506194002 (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK ( Studi Multisitus Di SMP Islam Fattahiyyah Boyolangu dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Islam Fattahiyyah Boyolangu dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung” ini ditulis oleh Adam Ibrahim Az Zam Zami dengan Pembimbing I. Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. Dan Pembimbing II. Dr.H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembelajaran , Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah upaya memadukan pendidikan sekolah formal, khususnya jenjang SMP, dengan pondok pesantren yang akan mengahasilkan sistem pendidikan yang lebih kuat dan lengkap. Terutama dalam rangka meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Maka dari itu, konsep sekolah berbasis pondok pesantren ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. . Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren pada aspek shiddiq dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik ?; (2) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren pada aspek istiqomah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik?; dan (3) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren pada aspek amanah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek shiddiq dalam meningkan kecerdasan spiritual peserta didik; (2) memahami strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek istiqomah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik;(3) memahami strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek amanah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, jenis field research dengan rancangan sudi multisitus. Lokasi penelitian di SMP Islam Fattahiyyah Boyolangu dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu people, places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat dan perpanjangan penelitian Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek shidiq dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dilakukan melalui: (a) keteladanan, (b), pembiasaan aktivitas jujur dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran,( c) pemberian nasihat.; (2) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek istiqomah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dilakukan melalui: (a) pembiasaan dan keteladanan,( b) catatan harian guru, (c) penggunaan minus scorsing, (d) penugasan mandiri, (e) motivasi; (3) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis pondok pesantren aspek amanah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dilakukan melalui: (a) keteladanan guru, (b) pembiasaan, (c) pemberian nasihat, (d) pembagian tugas untuk menghendel acara, (e) kerjasama seluruh warga sekolah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194002 ADAM IBRAHIM AZ ZAM ZAMI
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:25
Last Modified: 31 Mar 2022 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25395

Actions (login required)

View Item View Item