WASI’ATUL FIKRIYYAH, 17207163028 (2021) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (433kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung”, ini ditulis oleh Wasi’atul Fikriyyah, NIM. 17207163004, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Kata Kunci: Pemasaran, Pendidikan, Rekrutmen Peserta Didik Baru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan juga di tuntut untuk mengembangkan dan mendayagunakan sumberdaya yang dilakukan secara efisien dan efektif guna menawarkan jasa pendidikan. sehingga dapat timbul feedback yang baik dari konsumen untuk menyekolahkan putra-putrinya di lembaga tersebut. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pemasaran pendidikan dalam rekrutmen peserta didik baru di MTs Darul Falah? (2) Bagaimana pelaksanaan pemasaran pendidikan dalam rekrutmen peserta didik baru di MTs Darul Falah? (3) Bagaimana pengawasan pemasaran pendidikan dalam rekrutmen peserta didik di MTs Darul Falah? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pemasaran, pelaksanaan pemasaran, pengawasan pemasaran di MTs Darul Falah. Metode penlitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (fled research) dengan pendekatan manajemen administrative. Teori yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teori fungsi manajemen oleh Henry Fayol dan teori lingkungan pemasaran Philip Kotler. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam analisis data, data dikumpulkan melalui data observasi, data wawancara dan data dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebh mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) proses manajemen pemasaran di MTs Darul Falah melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, penataan, kepemimpinan, pengendalian. Perencanaan pemasaran dilakukan dengan menetapkan tujuan, kebijakan dan prosedur. Penataan dilakukan dengan membentuk struktur organisasi. Semua struktur organisasi pemasaran di Ketuai oleh Waka Humas dan sebagai penanggung j awabnya adalah Kepala Sekolah. Kepemimpinan pemasaran ditunjukkan oleh Kepala Sekolah dan Waka Humas. Pengawasan pemasaran dilakukan oleh Waka Humas dengan menjalankan tiga tipe dasar pengawasan yaitu pengawasan pendahuluan, pengawasan “concurrent” dan pengawasan umpan balik. Pengawasan dilakukan disetiap program mulai dari awal saat rapat hingga akhir program pemasaran. (2) Pelaksanaan pemasaran di MTs Darul Falah melalui beberapa tahap yaitu langkah bauran pemasaran, indentifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning, Diferensi produk, komunikasi pemasaran. Melaui pelaksanaanpemasaran target pemasaran yang sudah tercapai di MTs Darul Falah yaitu jumlah siswa sudah terpenuhi, sekolah sudah mulai dikenal masyarakat. Sedangkan target yang ingin dicapai 5-10 tahun ke depan yaitu menjadi sekolah pilihan dan tujuan mendapatkan siswa berpreestasi akademik maupun non akademik dan terdapat SDM khusus manajemen pemasaran. Pendorong dari dalam (internal) manajemen pemasaran yaitu: SDM yang aktif dan bermotivasi tinggi, keunggulan sebagai madrasah hijau dan berprestasi, keuangan dan pembiayaan sekolah yang murah. Sedangkan dorongan dari luar (eksternal) manajemen pemasaran yaitu: kerjasama dan interaksi yang baik antar madrasah dengan masyarakat, media elektronik dan ekonomi masyarakat sekitar sebagian besar menengah ke bawah. (3) Pengawasan yang dilakukan seluruh pengajar setiap tiga bulan sekali pada awal bulan, seluruh wali kelas mengadakan rapat dimana rapat tersebut membahas permasalahan demi permasalahan yang dihadapi oleh masing masing wali kelas. Pengawasan di lakukan bersama wali murid dan komite dan semua jajaran tenaga pendidik dan kependidikan setiap tiga bulan sekali, evaluasi setiap tahun sekali diadakan diadakan bersama yayasan, kepala sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163028 WASI’ATUL FIKRIYYAH |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:38 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25399 |
Actions (login required)
View Item |