PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM SUTOJAYAN BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

WINDA KRISNAWATI, 12210173006 (2021) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM SUTOJAYAN BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sutojayan Blitar Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Winda Krisnawati, NIM. 12210173006, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis puisi, media kartu kata bergambar Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah kurikulum 2013. Titik tolak kurikulum 2013 terdapat pada kegiatan pembelajarannya yang berbasis teks. Pendekatan berbasis teks ini bertujuan agar siswa dapat menciptakan dan menggunakan teks sesuai tujuan dan fungsi sosialnya. Salah satu teks yang ada di dalam kurikulum 2013 kelas delapan adalah puisi. Teks puisi merupakan karya sastra yang mengutamakan imajinasi siswa. Sebagai tulisan yang mengutamakan imajinasi, maka diperlukan ide dan pengembangan yang kreatif. Realisasinya, siswa kesulitan dalam memilih kosa kata dan menemukan inspirasi untuk menulis puisi. Hal tersebut disebabkan belum adanya penggunaan media atau perantara dalam proses pembelajaran, Kegiatan pembelajaran yang monoton akan membuat siswa menjadi kurang antusias dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang inovatif untuk menumbuhkan minat siswa dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum sutojayan Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Miftahul Ulum Sutojayan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hasil adaptasi model Kemmis dan MC Taggart dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes menulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kinerja menulis, catatan lapangan, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan hasil. Peningkatan proses tampak pada aspek keaktifan siswa, konsentrasi siswa, dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan media kartu kata bergambar dapat dilihat dari hasil penilaian karya siswa. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa adalah 60,00 dan siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 69,15; sehingga telah mengalami peningkatan sebesar 9,15. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 73,65; terhitung dari siklus I sampai siklus II nilai siswa meningkat sebesar 4,50. Selanjutnya, terhitung dari nilai rata-rata pratindakan sampai siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,65

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173006 Winda Krisnawati
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:47
Last Modified: 06 Apr 2022 05:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25408

Actions (login required)

View Item View Item