PEMBERIAN CASHBACK PADA KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus Agen Pos ICHABILAZID Kabupaten Tulungagung)

ROSIANA RIZKI NOVITASARI, 17101163033 (2021) PEMBERIAN CASHBACK PADA KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus Agen Pos ICHABILAZID Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Rosiana Rizki Novitasari, NIM 17101163033, Pemberian Cashback Pada Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Agen Pos Ichabilazid Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I, M.H. Kata Kunci: cashback , konsumen, jasa pengiriman barang, etika bisnis Islam, Undang-Undang Perlindungan Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jasa pengiriman barang yang berkembang dan bersaing untuk memikat minat konsumen. Persaingan yang sangat keras dirasakan oleh pelaku usaha yang membuat pihak pelaku usaha berfikir mencari cara yang tepat untuk menarik minat konsumen. Salah satunya dengan cara memberikan cashback pada konsumen. Pemberian cashback pada konsumen bertujuan untuk menarik minat konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di Agen Pos Ichabilazid? 2) Bagaimana pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di Agen Pos Ichabilazid dalam perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? 3) Bagaimana pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di Agen Pos Ichabilazid dalam perspektif etika bisnis Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengggunakan analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: 1) Dalam pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di agen pos Ichabilazid, pemberian cashback tidak diberlakukan untuk semua konsumen pengguna jasa agen pos Ichabilazid. Pihak agen pos Ichabilazid memberikan cashback dengan cara menemui langsung pemilik toko kemudian pihak agen pos mengajak kerja sama agar tetap memakai jasanya dan akan diberikan cashback setiap bulannya jika bisa memenuhi syarat dan ketentuan. 2) Pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di agen pos Ichabilazid ditinjau dari perspektif Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen tidak memenuhi asas keadilan sebagaimana pada pasal 2 Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan tidak memenuhi kewajiban pelaku usaha sebagaimana pada pasal 7 Undang Undang Perlindungan Konsumen poin c. 3) Pemberian cashback pada konsumen pengguna jasa pengiriman barang di agen pos Ichabilazid ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam tidak melaksanakan prinsip keseimbangan atau keadilan dan prinsip kebenaran (jujur).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Konsumen
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163033 ROSIANA RIZKI NOVITASARI
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:11
Last Modified: 29 Mar 2022 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item View Item