IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING APLIKASI E-LEARNING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 10 BLITAR

YULIA FATMAWATI, 12209173089 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING APLIKASI E-LEARNING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Daring Aplikasi E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas VII Mata Pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Yulia Fat mawat i, NIM 12209173089, pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran daring, E-learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring menggunakan aplikasi e-learning yang diterapkan di MTsN 10 Blitar pada bulan Maret 2020. Dalam pelaksanaannya, banyak permasalahan-permasalahan yang muncul diantaranya: a. Terkendala dari segi teknologi, banyak siswa kelas VII yang belum mempunyai handphone pribadi sehingga siswa terpaksa harus menggunakan handphone keluarga untuk mengikuti pembelajaran daring. b. Terkendala dari segi ekonomi, rata-rata siswa kelas VII berasal dari keluarga yang ekonominya menengah kebawah. Jadi siswa kesulitan untuk membeli kuota internet dalam jumlah yang besar. c. Terkendala dari dalam diri siswa, karena siswa kelas VII baru pertama kali mengenal aplikasi e-learning, maka kurangnya persiapan untuk mengoperasikan e-learning mengakibatkan siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Aplikasi E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar Tahun Ajaran 2020/2021?. 2) Apa Dampak yang Ditimbulkan dari Penerapan Pembelajaran Daring Aplikasi E-learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas VII Mata Pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar Tahun Ajaran 2020/2021? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa kelas VII MTsN 10 Blitar. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pelaksanaan pembelajaran daring aplikasi e-learning selama masa pandemi covid-19 kelas VII mata pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar belum terlaksana dengan baik, masih banyak siswa yang jarang hingga tidak pernah mengikuti proses pembelajaran di e-learning karena banyaknya kendala, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran daring dan kurang disiplin dalam pengumpulan tugas. Namun para guru dan pihak terkait tetap berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan metode daring pada masa pandemi covid-19. 2) Adapun dampak yang ditimbulkan dari penerapan pembelajaran daring aplikasi e-learning selama masa pandemi covid-19 kelas VII mata pelajaran IPS di MTsN 10 Blitar yaitu minat belajar siswa menurun, tingkat pemahaman belajar siswa menurun, dan motivasi belajar siswa menurun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > E-Learning
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209173089 YULIA FATMAWATI
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:38
Last Modified: 05 Apr 2022 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item