NIDA AMALINA, 12201173285 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEPUASAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (476kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (430kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (572kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (491kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepuasan Fasilitas Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Nida Amalina, NIM. 12201173285, pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum., NIP. 19840414 201403 1 004. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kepuasan, Fasilitas Sekolah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar yang diciptakan oleh guru memiliki peranan penting dalam mendorong peserta didik untuk memiliki gairah atau keinginan yang tinggi dalam kesungguhan belajar. Kemudian dalam memahami pengetahuan dan dapat mempraktikkan, maka peserta didik membutuhkan fasilitas yang menunjang pembelajaran. Sehingga dari kedua pengaruh sudah terpenuhi, peserta didik dengan kesungguhan pencapaian tujuan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Rumusan masalah: (1) Apakah ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung?. (2) Apakah ada pengaruh positif antara kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung?. (3) Apakah ada pengaruh positif antara motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 121 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu sebanyak 36 peserta didik. Dengan perincian masing-masing kelas terdiri dari 9 peserta didik diambil dari kelas VIII-A, B, C, dan VIII-D. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan skala instrumen dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H1 diterima, karena thitung 1.218 > nilai ttabel 0.34 atau nilai signifikansi 0.232 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan fasilitas sekolah (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H2 diterima, karena thitung 0.878 > nilai ttabel 0.34 atau nilai signifikansi 0.386 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif secara bersama-sama antara motivasi belajar (X1) dankepuasan fasilitas sekolah (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H3 diterima, karena fhitung 3.375 > nilai ftabel 3,27 atau nilai signifikansi 0.046 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173285 NIDA AMALINA |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 07:21 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25510 |
Actions (login required)
View Item |