PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEPUASAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

NIDA AMALINA, 12201173285 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEPUASAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepuasan Fasilitas Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Nida Amalina, NIM. 12201173285, pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum., NIP. 19840414 201403 1 004. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kepuasan, Fasilitas Sekolah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar yang diciptakan oleh guru memiliki peranan penting dalam mendorong peserta didik untuk memiliki gairah atau keinginan yang tinggi dalam kesungguhan belajar. Kemudian dalam memahami pengetahuan dan dapat mempraktikkan, maka peserta didik membutuhkan fasilitas yang menunjang pembelajaran. Sehingga dari kedua pengaruh sudah terpenuhi, peserta didik dengan kesungguhan pencapaian tujuan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Rumusan masalah: (1) Apakah ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung?. (2) Apakah ada pengaruh positif antara kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung?. (3) Apakah ada pengaruh positif antara motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 121 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu sebanyak 36 peserta didik. Dengan perincian masing-masing kelas terdiri dari 9 peserta didik diambil dari kelas VIII-A, B, C, dan VIII-D. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan skala instrumen dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H1 diterima, karena thitung 1.218 > nilai ttabel 0.34 atau nilai signifikansi 0.232 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan fasilitas sekolah (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H2 diterima, karena thitung 0.878 > nilai ttabel 0.34 atau nilai signifikansi 0.386 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif secara bersama-sama antara motivasi belajar (X1) dankepuasan fasilitas sekolah (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung (Y). Berdasarkan H3 diterima, karena fhitung 3.375 > nilai ftabel 3,27 atau nilai signifikansi 0.046 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173285 NIDA AMALINA
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:21
Last Modified: 11 Apr 2022 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item View Item