Implementasi Konsep Kewirausahaan Islam dalam Program SMA double Trakc (Studi Pada SMAN 1 Bendungan dan SMAN 1 Tugu)

ANIK YULIKAH, 12508194001 (2022) Implementasi Konsep Kewirausahaan Islam dalam Program SMA double Trakc (Studi Pada SMAN 1 Bendungan dan SMAN 1 Tugu). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (888kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Konsep Kewirausahaan Islam dalam Program SMA double Trakc (Studi Pada SMAN 1 Bendungan dan SMAN 1 Tugu)” ditulis oleh Anik Yulikah, Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin M.Ag. dan Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. Kata kunci : Implementasi, Kewirausahaan Islam, Double Trakc, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena pengangguran di Indonesia khususnya pengangguran terdidik sehingga diperlukan suatu program ketrampilan kewirausahaan yang tidak hanya fokus pada pelatihan tetapi juga pendampingan, permodalan dan juga pemasaran yang sesuai dengan konsep kewirausahaan Islam seperti dalam program SMA double trakc untuk siswa SMA dijawa timur.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep kewirausahaan Islam dalam program SMA doubel Trakc?; (2) bagaimana mekanisme implementasi konsep kewirausahaan Islam dalam Program SMA double trakc?; (3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi konsep kewirausahaan Islam dalam program SMA double trakc?; dan (4) bagaimana ketercapaian dalam implementasi konsep kewirausahaan Islam dalam program SMA double trakc?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang implementasi konsep kewirausahaan Islam dalam program SMA double trakc, mekanisme, faktor pendukung dan penghambat, serta ketercapaian dalam proses implementasi tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian multi situs, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, (1) SMAN 1 Bendungan dan SMAN 1 Tugu mengimplementasikan konsep kewirausahaan Islam dalam program SMA double trakc ini adalah karena program double trakc memiliki karakter, sifat, dan tujuan yang sama dengan tujuan umum pendidikan nasional yang diadopsi dalam visi misi dan tujuan sekolah; (2) Mekanisme dalam proses implementasi tersebut adalah dengan memberikan motivasi, contoh, dukungan, dan pendampingan juga program yang mendukung seperti program berbagi sambil promosi (BSP) dari SMAN 1 Bendungan dan program modal tanpa bunga (MTB) dari SMAN 1 Tugu; (3) Faktor pendukungnya adalah siswa double trakc 100 % muslim dan dari latar belakang ekonomi menengah kebawah yang sangat antusias mengikuti ketrampilan tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karena kedua sekolah tersebut berada diwilayah pinggiran dengan tingkat daya beli yang rendah membutuhkan berbagai kreatifitas dan inovasi untuk meningkatkan daya beli masyarakat; dan (4) Ketercapaian dalam program ini adalah telah mampu meningkatkan kompetensi siswa SMA di dua sekolah tersebut dan menggunakan kompetensinya untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skills).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508194001 Anik Yulikah
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:58
Last Modified: 18 Apr 2022 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25559

Actions (login required)

View Item View Item